Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Media Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (PTK di Kelas II SD Negeri Drangong I Kota Serang)

Hasanah, Fitri Gina (2023) Peningkatan Kemampuan Membaca Nyaring Menggunakan Media Cerita Bergambar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (PTK di Kelas II SD Negeri Drangong I Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240077_Cover.pdf

Download (157kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240077_Lampiran Depan.pdf

Download (366kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240077_BAB I.pdf

Download (291kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_161240077_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (471kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240077_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (334kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240077_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (601kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240077_BAB V.pdf

Download (187kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240077_Daftar Pustaka.pdf

Download (281kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi cerita (Kecerdikan Menumbuhkan Kebaikan) dengan menerapkan media cerita bergambar di Kelas II SD Negeri Drangong I. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian aktivitas siswa yang dapat dilihat pada siklus I masih banyak siswa yang belum aktif berbicara, menyampaikan pendapat, dan belum terbiasa bekerjasama dalam berkelompok, tetapi pada siklus II terjadi perubahan siswa menjadi lebih aktif dan antusias dalam bekerjasama. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada pra siklus (63,57), siklus I (68,33), dan Siklus II (73,80). Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca nyaring siswa dengan menggunakan media cerita bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kemampuan Membaca, Media Cerita Bergambar, Hasil Belajar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 01 Aug 2023 03:21
Perubahan Terakhir: 01 Aug 2023 03:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12754

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.