Pertiwi, Gadis Niyanti (2023) Implementasi program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa SDN Cembeh. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240014_Cover.pdf Download (117kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240014_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240014_BAB I.pdf Download (217kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240014_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (312kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240014_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (222kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240014_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (309kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240014_BAB V.pdf Download (118kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240014_Daftar Pustaka.pdf Download (192kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi program literasi di SDN Cembeh, implikasinya terhadap kemampuan berpikir kritis, serta faktor pendukung dan penghambat berjalannya program tersebut. Keterampilan literasi sangat penting dalam proses kegiatan belajar mengajar antara guru dan siswa, karena dalam proses pembelajaran siswa membutuhkan keterampilan literasi untuk memahami sebuah teks, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dan menciptakan lingkungan sekolah yang literat. Namun, keterampilan literasi masih kurang diterapkan di SDN Cembeh, khususnya siswa kelas 4. Pendekatan penelitian adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentu informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Dan analisis data menggunakan 3 tahapan menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari konsensus data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik validasi data menggunakan triangulasi. Berdasarkan tempat dan objek, penelitian lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program literasi di SDN Cembeh dilaksanakan dalam 3 tahap, terdiri dari (1) kegiatan literasi pembiasaan membaca 30 menit, (2) pengembangan pojok baca dalam kegiatan literasi, (3) literasi terpadu kegiatan mata pelajaran bahasa Indonesia. Selain itu, program literasi berimplikasi pada peningkatan pemahaman akan pentingnya kemampuan literasi dan kemampuan berpikir kritis bagi siswa kelas 4 SDN Cembeh. Hasil kajian juga menunjukkan faktor pendukung berjalannya program yang terdiri dari; adanya program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), kerjasama guru, dan antusiasme siswa dalam mengikuti program literasi. Ditemukan juga faktor penghambat yang terdiri dari; kurangnya disiplin, infrastruktur dan budaya belajar siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Keterampilan literasi, Program GLS, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 01 Aug 2023 03:05 |
Perubahan Terakhir: | 01 Aug 2023 03:55 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12753 |
Actions (login required)
Lihat Item |