Rahmawati, Mauludina (2023) Implementasi Asesmen Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun Di Assa’adah Global Islamic School (Agis Kindergarten) Banjarsari, Cipocok Jaya, Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_191260028_Cover.pdf Download (157kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260028_Lampiran Depan.pdf Download (621kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260028_BAB I.pdf Download (260kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_191260028_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (319kB) |
||
Teks
S_PIAUD_191260028_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (300kB) |
||
Teks
S_PIAUD_191260028_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (920kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_191260028_BAB V.pdf Download (155kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260028_Daftar Pustaka.pdf Download (170kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara guru dalam mengimplementasikan asesmen perkembangan anak usia 5-6 tahun. Jika guru belum memiliki kemampuan untuk melakukan penilaian atau asesmen, maka akan sulit untuk menentukan tingkat perkembangan anak, apakah anak berkembang seperti yang diharapkan atau sebaliknya. Tentunya asesmen tersebut dilakukan oleh guru tujuannya untuk mengetahui indikator perkembangan yang sudah dicapai anak, selain itu sebagai bahan evaluasi guru jika pembelajaran yang diterapkan kepada anak belum maksimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang melibatkan kepala sekolah, guru, serta orangtua murid. Data yang dikumpulkan peneliti menggunakan teknik pengumpulan data seperti: observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Dan juga peneliti menggunakan teknik analisis data meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi asesmen perkembangan anak 5-6 tahun yang dilaksanakan di Assa’adah Global Islamic School (AGIS Kindergerten) sudah berdasarkan kurikulum 2013 dan STPPA yang terdapat pada kurikulum 2013, adapun teknik asesmen yang terapkan di AGIS Kindergarten ini menggunakan teknik penilaian ceklist, catatan anekdot, hasil karya/penugasan, rating scale dan penilaian portofolio. Asesmen dilakukan secara harian dan dilaporkan kepada orang tua secara insidental dan persemester. Implementasi asesmen perkembangan anak usia 5-6 tahun tersebut sudah dilaksanakan dengan baik. Namun hasil laporan tersebut belum sepenuhnya digunakan sebagai pijakan untuk mengambil langkah-langkah selanjutnya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Asesmen, Aspek Perkembangan Anak, Anak Usia Dini (5-6 tahun) |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 31 Jul 2023 04:45 |
Perubahan Terakhir: | 31 Jul 2023 04:45 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12736 |
Actions (login required)
Lihat Item |