Peran Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Origami Kelompok B TK Roudhotul Ilmi Kampung Sumur Hejo Kecamatan Cikande Kabupaten Serang-Banten

Febriyanti, Ade Novi (2023) Peran Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Origami Kelompok B TK Roudhotul Ilmi Kampung Sumur Hejo Kecamatan Cikande Kabupaten Serang-Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260067_Cover.pdf

Download (26kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260067_Lampiran Depan.pdf

Download (500kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260067_BAB I.pdf

Download (228kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PIAUD_171260067_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (474kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260067_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (194kB)
[img] Teks
S_PIAUD_171260067_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (479kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260067_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PIAUD_171260067_Daftar Pustaka.pdf

Download (92kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan anak TK Roudhotul Ilmi yang beragam dalam perkembangan motorik halus sehingga masih ada sebagian anak yang belum berkembang motorik halusnya utamanya dilihat melalui kegiatan origami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan motorik halus anak dan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam mengembangkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan melipat origami Pada Kelompok B usia 5-6 tahun di TK Roudhotul Ilmi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak TK Roudhotul Ilmi 53% berkembang sesuai harapan dan hanya sedikit yang belum berkembang. Guru sangat berperan untuk keberlangsungan belajar anak di sekolah, peran guru sebagai fasilitator, yang menyediakan alat dan bahan kegiatan, menjadi motivator agar anak mempunyai semangat yang besar di sekolah, selain itu guru sebagai pembimbing anak-anaknya di kelas. Faktor pengembat adakah kurangnya kegiatan, minat anak, dan kesehatan anak. Sedangkan faktor pendukung adalah orang tua dirumah, lingkungan, serta keinginan yang timbul dari masing-masing anak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Motorik Halus, Peran Guru, Origami
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 31 Jul 2023 03:30
Perubahan Terakhir: 31 Jul 2023 03:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12726

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.