MANISABILA, MANISABILA (2017) PENGARUH EKSPOR TERHADAP PERTUMBUHAN INDUSTRI KREATIF DI INDONESIA TAHUN 2010-2015 DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Diploma atau S1 thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI "SMH" BANTEN.
Abstrak
Industri kreatif merupakan industri yang berorientasi pada kreativitas individu. Industri kreatif di indonesia saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan di Indonesia, salah satu penyebab laju pertumbuhan ini dikarenakan kontribusi nilai ekspor yang cukup besar, dengan peningkatan nilai ekspor tersebut maka diharapkan dapat meningkatkan nilai devisa bagi negara dengan ditandai meningkatnya pula nilai Produk Domestik Regional Bruto dengan meningkatnya PDB diharapkan akan meningkatkan Pertumbuhan Industri kreatif. Berdasarkan latar belakang diatas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1) Apakah terdapat pengaruh dari ekspor terhadap pertumbuhan industri kreatif?; 2)Seberapa besar pengaruh ekspor terhadap pertumbuhan industri kreatif?; 3). Bagaimana ekspor dan Industri Kreatif dalam Persprektif islam?; Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh ekspor terhadap pertumbuhan Industri Kreatif; 2). Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ekspor terhadap pertumbuhan industri kreatif; 3) untuk mengetahui bagaimana ekspor dan industri kreatif dalam perspektif islam. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu studi pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik diantaranya uji normalitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi dan analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linear sederhana, analisis koefisien korelasi dan analisis koefisien determinasi. Berdasarkan hasil uji t, dengan menggunakan tingkat signifikan α = 5% Uji hipotesis dilakukan dengan perhitungan dua sisi, maka diketahui dimana t hitung dengan nilai sebesar 0,368< t tabel 1.692 maka disimpulkan tidak terdapat pengaruh antara nilai ekspor terhadap pertumbuhan industri kreatif di Indonesia. Berdasarkan uji koefisien korelasi antara ekspor dan pertumbuhan industri kreatif (r) sebesar 0.064 nilai ini berada pada interpal 0.00-0,199 dengan kesimpulan sangat rendah, artinya ekspor dan pertumbuhan industri kreatif memiliki hubungan yang sangat rendah. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi Besarnya pengaruh tersebut sebesar 0,26% sedangkan sisanya 99,74% (100%-0,26%) dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti, diantaranya konsumsi masyarakat (C), pengeluaran pemerintah (G), investasi (I), tabungan (S), dan impor (M). Dalam islam kegiatan ekspor diperbolehkan karena terdapat ayat yang menyatakan kegiatan ekspor dan industri kreatif diperbolehkan dalam islam asalkan tidak menyalahi hukum syara’, serta halal kegiatan, sifat dan bahan produksi dan kegiatan distribusinya.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Ekspor, IndustriKreatif. |
Subjek: | 2x0 ISLAM (Umum) > 2x0.02 Islam dan Ilmu Pengetahuan |
Divisi: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 16 Aug 2017 04:27 |
Perubahan Terakhir: | 16 Aug 2017 04:27 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1266 |
Actions (login required)
Lihat Item |