Fitri, Surya (2023) Pembinaan Tahfidz Qur’an Dengan Menggunakan Metode Tikrar Pada Siswa Tuna Grahita Di Skh Negeri 02 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_171210162_Cover.pdf Download (156kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210162_Lampiran Depan.pdf Download (664kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210162_BAB I.pdf Download (339kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_171210162_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (623kB) |
||
Teks
S_PAI_171210162_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (276kB) |
||
Teks
S_PAI_171210162_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (354kB) |
||
|
Teks
S_PAI_171210162_BAB V.pdf Download (156kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_171210162_Daftar Pustaka.pdf Download (223kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan tahfidz Quran (hapalan surat-surat pendek) serta untuk mengetahui bagaimana cara pembinaan tahfidz Quran dengan menggunakan metode tikrar pada siswa penyandang tuna grahita di SKh Negeri 02 Kota Serang. Penelitian ini di latarbelakangi oleh sulitnya menghafal surat-surat pendek pada siswa tuna grahita kelas IX di SKh. Negeri 02 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi, triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada saat pelaksanaan penelitian berlangsung ada beberapa siswa yang sangat antusias dan lantang dalam menghafal dan membaca surat-surat pendek dan ada juga siswa yang tidak mau menghafal. Pembinaan ini dilaksanakan pada saat literasi dan pada saat mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan berbeda dengan metode tikrar pada umumnya, karena siswa berkebutuhan khusus tuna grahita sulit untuk mengikuti bacaan yang diberikan oleh guru secara individu, serta suasana hati yang berubah-ubah. Untuk mengatasi hal tersebut metode yang digunakan harus di gabungkan antara hafalan secara individu dengan pembacaan surat-surat pendek secara bersama-sama, akan tetapi tetap fokus dan tetap memperhatikan siswa yang menjadi objeknya. Selama penelitian berlangsung ada siswa yang berontak dan tidak mau mengikuti pelajaran. Akan tetapi setelah dibujuk siswa tersebut kembali antusias mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pembinaan tahfidz Qur’an, metode tikrar, siswa tuna grahita |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 19 Jun 2023 04:14 |
Perubahan Terakhir: | 19 Jun 2023 04:14 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12579 |
Actions (login required)
Lihat Item |