Maulady, Muhammad Hafidh (2023) Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Akhlak di Pondok Pesantren Modern Al-Hidayah Rangkasbitung. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210177_Cover.pdf Download (325kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210177_Lampiran Depan.pdf Download (2MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210177_BAB I.pdf Download (599kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210177_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (638kB) |
||
Teks
S_PAI_181210177_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (579kB) |
||
Teks
S_PAI_181210177_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (435kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210177_BAB V.pdf Download (305kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210177_Daftar Pustaka.pdf Download (403kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui program-program yang sudah terlaksana ataupun yang sedang berjalan guna pembinaan akhlak santri. Untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Modern Al-Hidayah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini, adalah metodologi penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat analisis deskriptif, yaitu menganalisis data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau pelaku yang diamati. Dimana informan sebagai sumber data dan informasi. Teknik analisis data adalah metode pencarian dan penyusunan transkrip wawancara, observasi lapangan, serta dokumentasi yang dikumpulkan oleh peneliti untuk menambah pemahaman peneliti sendiri terhadap bahan tersebut dan memungkinkan peneliti untuk mempresentasikan apa yang telah ditemukan peneliti kepada orang lain. Hasil dari penelitian ini meliputi : 1) Program Pendidikan akhlak yang dilakukan oleh pondok sejalan dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional, beberapa metode-motode pun menjadi jebatan untuk membantu kegiatan dan kurrikulum pondok dalam menanamkan nilai-nilai akhlak. 2) Beberapa aspek penghambat penyembunyian nilai-nilai moral Pesantren Modern Al-Hidayah Rangkasbitung seperti. Kurangnya pemahaman akan pentingnya akhlak melalui kegiatan yang dilakukan pada santri, sebagian pengurus santri dan ustadz yang belum memberikan keteladanan (uswatun hasanah) tentang akhlak mulia, pengurus/pendidik pondok pesantren belum bijak dalam menjatuhkan hukuman.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Akhlak, Pendidikan Akhlak, Implementasi. Nilai-nilai |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 19 Jun 2023 02:48 |
Perubahan Terakhir: | 19 Jun 2023 02:48 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12574 |
Actions (login required)
Lihat Item |