Nurhayati, Ulmah (2023) Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Mitigasi Bencana Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siap Siaga Siswa: Studi pada SMKN 3 dan SMAN 9 Kabupaten Pandeglang. Doktoral thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
D_PAI_203670005_Cover.pdf Download (364kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
D_PAI_203670005_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
D_PAI_203670005_BAB I.pdf Download (460kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
D_PAI_203670005_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (824kB) |
||
Teks
D_PAI_203670005_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (436kB) |
||
Teks
D_PAI_203670005_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
D_PAI_203670005_BAB V.pdf Download (96kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
D_PAI_203670005_Daftar Pustaka.pdf Download (335kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Upaya mitigasi bencana dapat dilakukan melalui jalur pendidikan. Wawasan mitigasi bencana diperlukan masyarakat kabupaten Pandeglang, namun sosialisasi terkait mitigasi bencana masih sangat minim, dan pembelajaran mitigasi bencana belum masuk pada sektor pendidikan. Masyarakat dan lembaga pendidikan memiliki kekhawatiran terkait kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi: bagaimana pengembangan bahan ajar pendidikan agama Islam berbasis mitigasi bencana, strategi pembelajaran, upaya pembentukan karakter siap siaga siswa, dan implementasi bahan ajar Pendidikan agama Islam berbasis mitigasi bencana pada siswa SMKN 3 dan SMAN 9 kabupaten Pandeglang? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitin ini adalah Research and Development (R&D), yaitu penelitian pengembangan dari data pustaka dan lapangan dan merupakan studi kasus untuk menghasilkan produk berupa modul ajar. Teknik pengumpulan data dan analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif yaitu melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi yang diperoleh dari responden dan informan yang terpercaya dalam topik terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan modul ajar, strategi pembelajaran, upaya pembentukan karakter siap siaga, dan implementasi bahan ajar pendidikan agama Islam berbasis mitigasi bencana dapat menambah pemahaman mitigasi bencana dan memunculkan kesadaran masyarakat khususnya peserta didik dalam kesiapsiagaan bencana. Dengan model pembelajaran problem based learning dan cooperative learning peserta didik mendapatkan pemahaman yang cukup siswa akan lebih cepat memahami, materi lebih lama diingat dan tidak mudah lupa, sehingga karakter kesiap siagaan siswa terhadap bencana dapat dibentuk. Modul ajar pendidikan agama Islam berbasis mitigasi bencana dikembangkan dengan mengintegrasikan wawasan mitigasi bencana ke dalam cakupan materi pendidikan agama Islam yang relevan dan berpatokan pada kurikulum merdeka, bertujuan untuk memudahkan pembelajaran mitigasi bencana, memberikan pelatihan, dan membentuk karakter siap siaga siswa dengan pembiasaan yang dilakukan didalam proses pembelajaran.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Doktoral) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengembangan bahan ajar, pendidikan agama Islam, wawasan mitigasi bencana, karakter siap siaga siswa |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 374 Pendidikan untuk Orang Dewasa |
Divisi: | Program Doktor > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 06 Jun 2023 07:20 |
Perubahan Terakhir: | 07 Mar 2024 08:21 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12542 |
Actions (login required)
Lihat Item |