Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Perilaku Terpuji Kelas 5 SDIT Al-Irsyad Banten

Handayani, Tuti (2023) Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Perilaku Terpuji Kelas 5 SDIT Al-Irsyad Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102105_Cover.pdf

Download (33kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102105_Lampiran Depan.pdf

Download (634kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102105_BAB I.pdf

Download (163kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_152102105_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (327kB)
[img] Teks
S_PAI_152102105_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (467kB)
[img] Teks
S_PAI_152102105_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (800kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102105_BAB V.pdf

Download (9kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_152102105_Daftar Pustaka.pdf

Download (145kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik, mendeskripsikan hasil validasi produk media komik dan mengetahui kelayakan penggunaan media komik pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti materi perilaku terpuji di SDIT Al-Irsyad Banten. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall yang telah di modifikasi oleh Sugiyono. Penelitian menggunakan tujuh langkah sebagai berikut: identifikasi masalah, pengumpulan informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT Al-Irsyad Banten yang berjumlah 30 siswa. Penelitian dan pengembangan menghasilkan produk berupa media pembelajaran komik yang layak digunakan berdasarkan penilaian dari Ahli Materi yang memperoleh penilaian 78%, Ahli Media memperoleh penilaian 80%, dan penilaian oleh peserta pada uji coba produk memperoleh penilaian 88%, rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 75 menjadi 85. Berdasarkan hasil uraian di atas, maka produk yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan dalam pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Komik, Hasil Belajar, Pendidikan Islam dan Budi Pekerti
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Mei 2023 07:33
Perubahan Terakhir: 29 Mei 2023 07:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12501

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.