Patriah, Siti (2023) Pengembangan Media Gambar Melalui Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Keterampilan Gerakan Shalat Kelas III SDN Tembong 1 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210060_Cover.pdf Download (48kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210060_Lampiran Depan.pdf Download (576kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210060_BAB I.pdf Download (559kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210060_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (981kB) |
||
Teks
S_PAI_181210060_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
Teks
S_PAI_181210060_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210060_BAB V.pdf Download (164kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210060_Daftar Pustaka.pdf Download (391kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi shalat berbasis media gambar bagi peserta didik kelas III SDN Tembong 1 Kota Serang yang berfokus pada gerakan shalat. Mengetahui kualitas produk media gambar berdasarkan penelitian Ahli Materi, Ahli Media, dan Ahli Praktisi Pembelajaran serta respon peserta didik. Penilaian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya media pembelajaran, media pembelajaran yang digunakan sangat monoton dan membosankan. Media pembelajaran yang digunakan hanya berupa buku paket yang didalamnya hanya terdapat materi uraian dan latihan-latihan soal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research & Development (R&D) dengan tahapan pengembangan model ADDIE, yaitu terdiri dari 5 langkah. Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Sampel dari penelitian ini adalah 24 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Media gambar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi shalat ini di validasi terlebih dahulu oleh dosen ahli materi, ahli media, dan praktisi pembelajaran. Setelah itu diujikan kelayakannya di SDN Tembong 1 Kota Serang pada peserta didik kelas III dengan jumlah sampel 24 orang peserta didik sebagai responden Media gambar pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi shalat yang dibuat ini mendapatkan hasil dari uji validator ahli materi sebesar 73%, validator ahli media sebesar 87%, validator praktisi pembelajaran sebesar 95%, dan hasil ujicoba lapangan sebesar 96% maka berdasarkan hasil tersebut, media gambar yang dikembangkan ini masuk dalam kategori sangat baik dan layak untuk digunakan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengembangan, media gambar, materi shalat |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 24 Mei 2023 02:27 |
Perubahan Terakhir: | 24 Mei 2023 02:27 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12460 |
Actions (login required)
Lihat Item |