Mabruroh, Mabruroh (2023) Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah dan Budaya Sekolah Terhadap Peningkatan Kinerja Guru (Studi di SKh Negeri 02 Kota Serang). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_MPI_182410075_Cover.pdf Download (187kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_MPI_182410075_Lampiran Depan.pdf Download (939kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_MPI_182410075_BAB I.pdf Download (546kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_MPI_182410075_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (760kB) |
||
Teks
T_MPI_182410075_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
Teks
T_MPI_182410075_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (839kB) |
||
|
Teks
T_MPI_182410075_BAB V.pdf Download (309kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_MPI_182410075_Daftar Pustaka.pdf Download (402kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Supervisi akademik dan budaya sekolah dua hal yang dapat diupayakan dapat meningkatkan kinerja guru. Untuk mengetahui peningkatan kinerja penulis melakukan penelitian berjudul “Pengaruh Supervisi Akademik dan Budaya Sekolah terhadap Peningkatan Kinerja guru di SKh Neegeri 02 Kota Serang. Kajian penelitian ini berfokus pada faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja mengajar guru diantaranya adalah supervisi akademik kepala sekolah dan budaya sekolah. Rumusan masalah yang dipilih: 1) Adakah hubungan antara supervisi akademik dengan kinerja mengajar guru di SKh N 02 Kota Serang; 2) Adakah hubungan budaya sekolah dengan kinerja mengajar guru di SKh N 02 Kota Serang; 3) Adakah hubungan supervisi akademik dengan budaya di sekolah di SKh N 02 Kota Serang; 4) Secara bersama-sama adakah hubungan seupervisi akademik dan budaya sekolah dengan kinerja mengajar guru di SKh N 02 Kota Serang. Tujuan penelitian ini untuk : 1) Mengetahui hubungan supervisi akademik kepala dengan kinerja guru di SKh N 02 Kota Serang; 2) Mengetahui hubungan budaya sekolah dengan kinerja mengajar guru di SKh N 02 Kota Serang; 3) Mengetahui hubungan supervisi akademik kepala sekolah dengan budaya di sekolah di SKh N 02 Kota Serang; 4) Mengetahui hubungan supervisi akademik dan budaya sekolah secara bersama-sama dengan kinerja mengajar guru di SKh N 02 Kota Serang. Penelitian dengan metode kuantitatif, teknik analisis yang digunakan korelasi sederhana dan ganda, analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Populasi sekaligus sampel penelitian yaitu guru SKh N 02 yang Serang yang berjumlah 40 orang. Instrumen penelitian mengunakan angket. Hasil dari penelitian ini ditemukan: (1) supervisi akademik pada SKh N 02 Kota Serang berada pada kategori sangat baik, dengan persentase sebesar 90,58 %; (2) Budaya sekolah di SKh N 02 Kota Serang sangat baik, dengan persentase sebesar 87,75 %; (3) Kinerja mengajar guru di SKh N 02 Kota Serang rata-rata berada pada kategori sangat baik, dengan persentase sebesar 90,89 %; (4) terdapat hubungan supervisi akademik dengan kinerja mengajar guru dengan harga r2 y1= 0,96, memiliki pengaruh 96% sisanya faktor lain; (5) terdapat hubungan budaya sekolah terhadap kinerja mengajar guru dengan r2 y2 =0,96, memberikan pengaruh 96 % sisanya faktor lain; (6) terdapat hubungan supervisi akademik dengan budaya sekolah dengan r2 y3 =0,79 artinya 79% memiliki hubungan sisanya dengan faktor lain ; dan 7) terdapat hubungan yang signifikan antara supervisi akademik dan budaya sekolah secara bersama-sama dengan kinerja mengajar guru R2 123 = 0,91% dengan sumbangan pengaruhnya sebesar 91% sisanya 9% dari faktor lain.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Supervisi Akademik , Budaya Sekolah, Kinerja mengajar Guru |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 24 Mei 2023 02:12 |
Perubahan Terakhir: | 24 Mei 2023 02:12 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12459 |
Actions (login required)
Lihat Item |