Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) Pada Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Untuk Siswa Kelas V

Rahmat, Rendani (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) Pada Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Untuk Siswa Kelas V. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240009_Cover.pdf

Download (113kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240009_Lampiran Depan.pdf

Download (937kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240009_BAB I.pdf

Download (308kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_171240009_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (281kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240009_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (472kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240009_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (800kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240009_BAB V.pdf

Download (157kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240009_Daftar Pustaka.pdf

Download (166kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitiani ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan untuk siswa kelas V. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian (reseacrch and development) model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu, 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (development), dan 4) penyebaran (disseminate). Metode dan model ini dipilih karena model pengembangan ini lebih efektif untuk mengembangkan perangkat dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa wawancara, observasi dan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan sampel 10 siswa kelas V SD Negeri Ciwaktu. Dalam pengujian validasi meliputi tiga aspek yaitu; aspek tampilan, aspek pemanfaatan, dan aspek bahasa dan materi. Hasil modul yang dikembangkan merupakan kriteria valid dan layak dalam hitungan (Skala likert) berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru kelas V. Kualitas kelayakan modul pembelajaran IPA berbasis HOTS (High Order Thinking Skills) pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan dengan uji validasi oleh beberapa para ahli meliputi validasi ahli materi dengan memperoleh skor persentase sebesar 82% dengan katagori „‟sangat layak‟‟, validasi ahli media memperoleh skor persentase sebesar 80% dengan katagori „‟layak‟‟, dan validasi guru kelas V dengan skor persentase sebesar 94% dengan katagori „‟sangat layak‟‟. Berdasarkan respon siswa di SD Negeri Ciwaktu pada uji coba skala kecil atau yang disebut dengan uji coba terbatas memperoleh skor persentase sebesar 92% dengan kriteria „‟sangat baik‟‟.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Modul, Pembelajaran IPA, HOTS (High Order Thinking Skill)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 16 Mei 2023 02:48
Perubahan Terakhir: 16 Mei 2023 02:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12429

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.