Rahmat, Rendani (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) Pada Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Untuk Siswa Kelas V. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240009_Cover.pdf Download (113kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240009_Lampiran Depan.pdf Download (937kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240009_BAB I.pdf Download (308kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240009_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (281kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240009_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (472kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240009_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (800kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240009_BAB V.pdf Download (157kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240009_Daftar Pustaka.pdf Download (166kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitiani ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengembangan modul pembelajaran IPA berbasis HOTS (High Order Thinking Skill) pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan untuk siswa kelas V. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian (reseacrch and development) model pengembangan 4-D dari Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahapan yaitu, 1) pendefinisian (define), 2) perancangan (design), 3) pengembangan (development), dan 4) penyebaran (disseminate). Metode dan model ini dipilih karena model pengembangan ini lebih efektif untuk mengembangkan perangkat dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa wawancara, observasi dan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan sampel 10 siswa kelas V SD Negeri Ciwaktu. Dalam pengujian validasi meliputi tiga aspek yaitu; aspek tampilan, aspek pemanfaatan, dan aspek bahasa dan materi. Hasil modul yang dikembangkan merupakan kriteria valid dan layak dalam hitungan (Skala likert) berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, dan guru kelas V. Kualitas kelayakan modul pembelajaran IPA berbasis HOTS (High Order Thinking Skills) pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan yang dikembangkan oleh peneliti sangat layak digunakan dengan uji validasi oleh beberapa para ahli meliputi validasi ahli materi dengan memperoleh skor persentase sebesar 82% dengan katagori „‟sangat layak‟‟, validasi ahli media memperoleh skor persentase sebesar 80% dengan katagori „‟layak‟‟, dan validasi guru kelas V dengan skor persentase sebesar 94% dengan katagori „‟sangat layak‟‟. Berdasarkan respon siswa di SD Negeri Ciwaktu pada uji coba skala kecil atau yang disebut dengan uji coba terbatas memperoleh skor persentase sebesar 92% dengan kriteria „‟sangat baik‟‟.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Modul, Pembelajaran IPA, HOTS (High Order Thinking Skill) |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 16 Mei 2023 02:48 |
Perubahan Terakhir: | 16 Mei 2023 02:48 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12429 |
Actions (login required)
Lihat Item |