Devi, Nabilah Shinta (2023) Penerapan Tahsin Tilawah Al-Qur’an Menggunakan Metode Asy-Syafi’I Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di SDIT Tahfidz Darul Mu’minin Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210117_Cover.pdf Download (158kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210117_Lampiran Depan.pdf Download (674kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210117_BAB I.pdf Download (356kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210117_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (774kB) |
||
Teks
S_PAI_181210117_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (200kB) |
||
Teks
S_PAI_181210117_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (385kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210117_BAB V.pdf Download (154kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210117_Daftar Pustaka.pdf Download (221kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitan ini adalah 1). Untuk mengetahui bagaimana penerapan tahsin tilawah al-Qur’an dengan metode asy-syafi’I dalam pembelajaran al-Qur’an pada siswa di SDIT Tahfidz Darul Mu’minin Kota Cilegon. 2). Mengetahui Faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan tahsin tilawah al-Qur’an dengan metode asy-syafi’I dalam pembelajaran al-Qur’an pada siswa di SDIT Tahfidz Darul Mu’minin Kota Cilegon. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi lapangan, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk analisisinya penulis menggunakan teori Miles dan Hubermans, langkah-langkah analisis meliputi pengumpulan data, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion/verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan yang dilakukan di SDIT Tahfidz Darul Mu’minin adalah secara langsung dibagi menjadi 2 golongan pada penyampaian materi yaitu kelas rendah (1,2 dan 3) dan kelas tinggi (4,5 dan 6) pada metode asy-syafi’I pada intinya mempelajari tentang makharijul huruf, sifat huruf dan tajwid. Faktor penghambat penggunaan metode asy-syafi’I dalam pembelajaran al-Qur’an yakni masih banyaknya siswa yang terbata bata dan belum terlalu memahami kaidah ilmu tajwid, latar belakang yang berbeda-beda dalam pengenalan al-Qur’an, kurangnya tenaga pendidik, masih terbatasnya waktu dan sarana dan prasarana yang belum memadai.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode Asy-Syafi’I, Pembelajaran Al-Qur’an |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 16 Mei 2023 02:05 |
Perubahan Terakhir: | 16 Mei 2023 02:05 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12416 |
Actions (login required)
Lihat Item |