SUNARTI, TITI (2017) PERAN GURU DAN POLA ASUH ORANGTUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DI SDIT INSANTAMA KOTA SERANG. Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.
|
Teks (COVER)
0 Cover Titi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (184kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (LAMPIRAN DEPAN)
Titi Sunarti Thesis-OKE.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I S/D BAB V)
1-5 Bab I-V Titi.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (776kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pendidikan yang diajarkan dalam Islam adalah pendidikan yang dilandasi oleh iman dan taqwa yang fungsinya agar manusia dapat kembali kepada fitrahnya sebagai hamba Allah dengan tugas mengabdi kepada-Nya. Dalam proses tumbuh kembang menjadi manusia dewasa yang seutuhnya, kepribadian seorang anak akan terbentuk dan terwarnai oleh apa yang ada di sekelilingnya misalnya orangtua (keluarga), guru-guru (sekolah), dan teman-temannya (lingkungan). Kepribadian seorang anak akan dengan cepat terbentuk dan terwarnai melalui proses sosialisasi di dalam kehidupannya yang berlangsung dalam bentuk interaksi antara anggota keluarga, interaksi dengan guru-gurunya. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana profil SDIT Insantama Kota Serang? (2) Bagaimana peran guru di SDIT Insantama Kota Serang? (3) Bagaimana pola asuh orangtua di SDIT Insantama Kota Serang? (4) Bagaimana karakter siswa di SDIT Insantama Kota Serang? dan (5) Bagaimana peran guru dan pola asuh orangtua dalam pembentukan karakter siswa di SDIT Insantama Kota Serang? Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui profil SDIT Insantama Kota Serang, (2) Untuk mengetahui peran guru di SDIT Insantama Kota Serang, (3) Untuk mengetahui pola asuh orangtua di SDIT Insantama Kota Serang, (4) Untuk mengetahui karakter siswa di SDIT Insantama Kota Serang, dan (5) Untuk mengetahui peran guru dan pola asuh orangtua dalam pembentukan karakter siswa di SDIT Insantama Kota Serang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui secara obyektif peran guru dan pola asuh orangtua dalam pembentukan karakter siswa di SDIT Insantama Kota Serang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa SDIT Insantama Serang merupakan SDIT Insantama cabang pertama di Provinsi Banten yang dibuka pada tanggal 14 Juli 2006 yang mengalami perkembangan cukup pesat. Peran guru SDIT Insantama Serang sangat membentuk karakter siswa yang baik yaitu dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dengan cara menjadi pendidik, pengajar dan sekaligus pembimbing. Pola asuh orangtua mempengaruhi pembentukan karakter anak mereka dimana mereka selalu memprioritaskan kepentingan anak, akan tetapi meraka tidak ragu-ragu mengendalikan anak-anaknya sehingga karakter anak terbentuk dari contoh atau suri tauladan baik yang diberikan oleh guru maupun orangtua.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Peran Guru, Pola Asuh, Pendidikan Karakter |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Magister |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 16 Aug 2017 04:25 |
Perubahan Terakhir: | 16 Aug 2017 04:25 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1216 |
Actions (login required)
Lihat Item |