PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI TERHADAP PENINGKATAN DISIPLIN BELAJAR SISWA (Penelitian di SMK Negeri 8 dan SMK Tiara Aksara Kota Tangerang)

FATIMAH, SITI (2017) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PAI TERHADAP PENINGKATAN DISIPLIN BELAJAR SISWA (Penelitian di SMK Negeri 8 dan SMK Tiara Aksara Kota Tangerang). Magister thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI "SMH" BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
0 Cover Siti Fatimah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (194kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (LAMPIRAN ISI TESIS)
1 Bab I-V Siti Fatimah.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (803kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kompetensi kepribadian guru PAI dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di SMK Negeri 8 dan SMK Tiara Aksara Kota Tangerang? 2) Bagaimana kompetensi profesional guru PAI dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di SMK Negeri 8 dan SMK Tiara Aksara Kota Tangerang? 3) Bagaimana disiplin belajar siswa SMK Negeri 8 dan SMK Tiara Aksara Kota Tangerang? 4) Bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional guru PAI terhadap peningkatan disiplin belajar siswa di SMK Negeri 8 dan SMK Tiara Aksara Kota Tangerang?. Tujuan penelitian:1) Untuk memperoleh informasi mengenai kompetensi kepribadian guru PAI dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di SMK Negeri 8 dan SMK Tiara Aksara Kota Tangerang. 2) Untuk memperoleh informasi mengenai kompetensi profesional PAI dalam meningkatkan disiplin belajar siswa di SMK Negeri 8 dan SMK Tiara Aksara Kota Tangerang. 3) Untuk memperoleh informasi mengenai disiplin belajar siswa di SMK Negeri 8 dan SMK Tiara Aksara Kota Tangerang. 4) Untuk memperoleh informasi mengenai pengaruh kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional guru PAI terhadap peningkatan disiplin belajar siswa di SMK Negeri 8 dan SMK Tiara Aksara Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Adapun pengumpulan data melalui observasi, kuesioner (angket), interview, dan dengan kajian pustaka (library research). Berdasarkan hasil pengolahan data akhir pada siswa kelas XI SMKN 8 Kota Tangerang dari sampel 51 diperoleh rata-rata variabel X1 sebesar 59,33, variabel X2 sebesar 63,47, variabel Y sebesar 64,35. Kompetensi kepribadian guru PAI terhadap disiplin belajar siswa memiliki koefisien korelasi sebesar 0.310, koefisien determinasi y122 r = 9,61 % dalam kategori rendah. Sedangkan kompetensi profesional guru PAI terhadap disiplin belajar siswa memiliki koefisien korelasi sebesar 0.460, koefisien determinasi y122 r = 21,16% dalam kategori cukup. Kontribusi pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI dalam meningkatkan disiplin belajar siswa sebesar 7,51%. Sedangkan kompetensi profesional guru PAI memberikan pengaruh dalam meningkatkan disiplin belajar siswa sebesar 19,22 %. Adapun secara bersama-sama variabel kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional memberikan pengaruh sebesar 27.8% dalam kategori cukup. Sedangkan berdasarkan hasil pengolahan data akhir pada siswa kelas XI SMK Tiara Aksara Kota Tangerang dari sampel 77 diperoleh rata-rata variabel X1 sebesar 58,91, variabel X2 sebesar 61,18, variabel Y sebesar 63,79. Kompetensi kepribadian guru PAI terhadap disiplin belajar siswa memiliki koefisien korelasi sebesar 0.256, koefisien determinasi y122 r = 6,55% dalam kategori rendah. Sedangkan untuk kompetensi profesional guru PAI dalam meningkatkan disiplin belajar memiliki koefisien korelasi sebesar 0.335 dan koefisien determinasi y122 r = 11,22 % dalam kategori rendah. Adapun kontribusi pengaruh kompetensi kepribadian guru PAI dalam meningkatkan disiplin belajar siswa sebesar 5,73 % dan kompetensi profesional guru PAI memberikan pengaruh dalam meningkatkan disiplin belajar siswa sebesar 10,37%. Adapun secara bersama-sama variabel kompetensi kepribadian dan kompetensi profesional memberikan kontribusi pengaruh sebesar 16,6% masuk dalam kategori rendah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, disiplin belajar.
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 107 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: PASCASARJANA
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 16 Aug 2017 04:25
Perubahan Terakhir: 16 Aug 2017 04:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1210

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.