Hidup Sederhana Menurut Al-Qur'an (Studi Tafsir Tematik)

Wahdah, Zaitun Qurratul Aini (2023) Hidup Sederhana Menurut Al-Qur'an (Studi Tafsir Tematik). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_171320110_COVER.pdf

Download (209kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_171320110_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (701kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_171320110_BAB I.pdf

Download (374kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_IAT_171320110_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (643kB)
[img] Teks
S_IAT_171320110_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (590kB)
[img] Teks
S_IAT_171320110_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (831kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_171320110_BAB V.pdf

Download (266kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_IAT_171320110_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (143kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak akan lepas dari yang namanya kebutuhan. Baik kebutuhan primer, skunder, ataupun kebutuhan tersier. Setiap harinya pemenuhan kebutuhan akan sesuatu dari zaman ke zaman akan terus bertambah dan berbeda-beda. Hal semacam ini selalu dirasakan pada zaman sekarang ini di mana kemajuan baik dari segi teknologi, komunikasi dan informasi, yang menjadi dampak kemudahan untuk mengakses segala sesuatu. Efek lain yang akan ditimbulkan dari kemajuan teknologi adalah menjadikan manusia dibutakan oleh kemajuannya. Seperti penggunaan teknologi yang terlalu berlebihan kemudian manusia menjadi bagian dari sebuah mesin yang mati, dan terdehumanisasikan. Manusia tidak akan pernah merasakan puas akan sesuatu, karena manusia tidak akan bisa lepas dari hasrat-hasratnya dalam mengupayakan diri untuk memenuhi kebutuhannya. Dari uraian latar belakang masalah yang telah penulis sampaikan terdapat beberapa rumusan masalah yang perlu dikaji mengenai Hidup Sederhana Menurut Al-Qur‟an yakni: 1. Bagaimana Makna Hidup Sederhana dalam Pandangan Islam. 2. Bagaimana Klasifikasi Ayat-Ayat Hidup Sederhana.3. Bagaimana Penafsiran Ayat-Ayat Hidup Sederhana? Dan Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tujuan sebagai berikut a. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Makna Hidup Sederhana dalam Pandangan Islam. b. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Klasifikasi Ayat-Ayat Hidup Sederhana. c. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Penafsiran Ayat-Ayat Hidup Sederhana. Dalam penelitian ini penulis menggunakan studi kepustakaan (Library Research). Yaitu penelitian yang menitik beratkan pada pengolahan filosofis dan teoritis literatur-literatur hasil penelitian sebelumnya. Dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode tematik, yaitu dengan menghimpun dan mendeskripsikan penafsiran para mufassir yang berhubungan dengan tema yang diteliti, yakni Hidup Sederhana Menurut Al-Qur‟an. Penelitian yang dilakukan penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif adalah pendekatan penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepi, motivasi, tindakan secara holistik, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Pendekatan ini digunakan untuk mengungkap permasalahan yang belum jelas. Oleh karena itu, ruang lingkupnya harus dibatasi, dipersempit, sehingga penelitian difokuskan pada kedalamannya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Hidup sederhana adalah akhlak terpuji yang dicontohkan Rasulullah saw. Hidup Sederhana artinya menerima apa adanya yang telah diberikan Allah swt. Dan menjauhkan diri dari sikap tidak puas serta menjauhkan sikap suka berlebihan. Sederhana dalam Islam dinamakan qana’ah. Orang yang memiliki sikap hidup sederhana akan tenang, penampilannya tidak mencolok dan tidak mencuri perhatian orang lain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hidup Sederhana, Al-Qur’an, Tematik
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.4 Kumpulan ayat-ayat dan surat-surat tertentu
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Apr 2023 07:40
Perubahan Terakhir: 05 Apr 2023 02:28
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11851

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.