Rahayu, Athika Tri (2023) Teknik Komunikasi Persuasif di Media Sosial (Analisis Isi Kualitatif Youtube Satu Persen). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_ KPI_161330061_COVER.pdf Download (30kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ KPI_161330061_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (548kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ KPI_161330061_BAB I.pdf Download (247kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_ KPI_161330061_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (394kB) |
||
Teks
S_ KPI_161330061_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (460kB) |
||
Teks
S_ KPI_161330061_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (620kB) |
||
|
Teks
S_ KPI_161330061_BAB V.pdf Download (88kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_ KPI_161330061_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (223kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Komunikasi sangat esensial untuk pertumbuhan kepribadian manusia. Perkembangan teknologi yang semakin pesat menjadi sangat berpengaruh dikehidupan masyarakat saat ini. sehingga segala informasi menjadi mudah diakses hanya dengan bermodalkan gadget dan koneksi internet. Selain untuk komunikasi, para pengguna internet juga memiliki kreatifitas untuk menciptakan sebuah konten di internet sebagai sarana hiburan maupun pendidikan. Hal itupun dimanfaatkan oleh sebuah akun youtube channel bernama Satu Persen. Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) bagaimana teknik komunikasi persuasif yang digunakan dalam konten youtube Satu Persen? 2) bagaimana kesesuaian konten youtube Satu Persen dengan teknik persuasif dalam teknik komunikasi? Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui dan menjelaskan isi konten video dalam channel Satu Persen. 2) untuk mengetahui dan menjelaskan teknik komunikasi yang digunakan dalam video konten Satu Persen. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) Teknik Asosiasi yang diaplikasikan oleh Satu Persen adalah dengan memilih topik konten video yang sedang banyak dibicarakan oleh masyarakat untuk tujuan menarik perhatian. 2) Teknik Ganjaran yang diaplikasikan oleh Satu Persen adalah dengan memberikan iming-iming atau hasil yang dapat menguntungkan untuk mengajak melakukan hal sesuai yang diperintahkan tanpa membuat penonton merasa terpaksa. 3) Teknik Tataan yang diaplikasikan dalam kontennya adalah menggunakan bahasa non-formal agar terdengar seperti berbicara kepada teman supaya penonton merasa nyaman saat mendengarkan apa yang diarahkan oleh Satu Persen. Kesesuaian teknik persuasif pada video 1) dengan judul Mengatasi Rasa Malas adalah mengambil tema yang sering menjadi pertanyaan setiap orang agar menarik minat penonton. Video 2) dengan judul Belajar Investasi yang Aman untuk Pemula menggunakan teknik ganjaran, teknik ini memberikan harapan mendapat keuntungan dan hal tersebut diaplikasikan oleh Satu Persen dengan menjelaskan adanya keuntungan dalam berinvestasi. Video 3) berjudul Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara adalah teknik integrasi yang tujuannya untuk menjadikan kita sesama manusia memdapat keselamatan dan kebahagiaan hal tersebut juga diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara. Video 4) berjudul Tips Berbicara yang Lancar adalah konten video yang sesuai dengan teknik Asosiasi karena Satu Persen sering mendapatkan pertanyaan bagaimana cara mahir dalam public speaking. Video 5) judul Tips Merencanakan Hidup sesuai dengan teknik tataan dimana Satu Persen memberikan motivasi kepada penonton untuk memulai sesuatu yang ingin dicapai. Satu Persen membuat video konten ini dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami agar penonton seperti sedang mendengarkan cerita teman.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Subjek: | 600 Teknologi > 650 Bisnis |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 01 Mar 2023 08:39 |
Perubahan Terakhir: | 01 Apr 2024 02:56 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11561 |
Actions (login required)
Lihat Item |