Pengembangan Modul Tematik Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Berbasis Kearifan Lokal Banten untuk Siswa Kelas IV

Ningsih, Fitria (2023) Pengembangan Modul Tematik Tema Indahnya Keberagaman di Negeriku Berbasis Kearifan Lokal Banten untuk Siswa Kelas IV. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240017_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (105kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240017_Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (892kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240017_Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (105kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_171240017_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (250kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240017_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (406kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240017_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240017_Bab V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (169kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240017_Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (164kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui mengembangkan modul yang sesuai dengan pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal Banten untuk Siswa Kelas IV Tema Indahnya Keberagaman Dinegeriku Subtema Indahnya Keberagaman Budaya di Negeriku di Kelas IV SDN Sukacai III.Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian (reseacrch and development) model 4-D menurut teori dari Thiagarajan, model ini terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu define (Pendefinisian), design (Perancangan), develop(Pengembangan) dan disseminate(Penyebaran).Metode dan model ini dipilih karena model pengembangan ini lebih efektif untuk mengembangkan perangkat dalam pembelajaran.Teknik pengumpulan data dalam penelitian berupa wawancara, observasi dan angket.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan sampel 15 Siswa Kelas IV SDN Sukacai III.Dalam pengujian validitas meliputi tiga aspek yaitu: Materi, Bahasa dan Desain modul yang melibatkan beberapa validator dengan latar belakang profesi yang berbeda.Hasil penelitian menunjukan bahwa modul termasuk dalam kategori sangat valid dalam hitungan (Skala likert) dengan skor ahli media 84 % ahli materi 91 % dengan presentase kelayakan 71-87 % dinyatakan valid setelah melakukan revisi oleh validator.Pendidik memperoleh skor 86 % tingkat kelayakan 65-79 dinyatakan valid.Dalam pembelajaran penggunaan modul tematik mendapatkan penilaian positif dari guru dan menyatakan bahwa modul layak untuk digunakan.Berdasarkan hasil pembelajaran menggunakan modul, hasil belajar siswa lebih meningkat dari sebelumnya siswa antusias dan lebih aktif, kelas menjadi kondisif dan belajar siswa lebih terarah sesuai dengan langkah-langkah penggunaan modul.Sesuai kriteria kelayakan prouk rerata skor aspek keseluruha dinyatakan valid.Selanjutnya hasil respon siswa terhadap Modul Tematik Berbasis Kearifan Lokal Banten menunjukan skor 15/15 x 65 % = 65 atau 65 % dengan kategori keafektifan produk sangat setuju atau A.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Modul, Keragaman, Lokal Banten
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 16 Feb 2023 06:54
Perubahan Terakhir: 16 Feb 2023 06:54
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11461

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.