Sujati, Nur (2023) Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa (PTK Pada Mapel PAI di SMAN 8 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210154_COVER.pdf Download (48kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210154_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (656kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210154_BAB I.pdf Download (170kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210154_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (274kB) |
||
Teks
S_PAI_181210154_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (347kB) |
||
Teks
S_PAI_181210154_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (410kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210154_BAB V.pdf Download (38kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210154_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang varitifnya penggunaan model dan metode pembelajaran. Hal ini memicu proses pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang aktif, sehingga mengakibatkan rendahnya kompetensi siswa pada mapel PAI di kelas XI IPA 4 SMAN 8 Kota Serang. Berangkat dari permasalahan tersebut, solusi yang ditawarkan adalah implementasi model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran pada mata pelajaran PAI di SMAN 8 Kota Serang, untuk mengetahui kompetensi siswa (pra-siklus) pada mata pelajaran PAI di SMAN 8 Kota Serang, untuk mengetahui kompetensi siswa setelah implementasi model pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 8 Kota Serang. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas XI IPA 4 SMAN 8 Kota Serang pada mata pelajaran PAI menggunakan desain model Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan Mc Taggart dalam Arikunto. Metode pengumpulan data melalui metode hasil pengukuran tes, metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Teknik analisis data meliputi teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil implementasi model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kompetensi kognitif dan afektif siswa. Terlihat dari nilai rata-rata presentase kompetensi kognitif siswa pada pra-siklus 59,1%, pada siklus I 83,8%, pada siklus II 86,1%. Nilai rata-rata presentase kompetensi afektif siswa pada pra-siklus 31,1%, pada siklus I 63,8%, pada siklus II 72,5%. Kompetensi psikomotor siswa pada pra-siklus pembelajaran pasif, dan belum ada yang presentasi materi dengan baik, pada siklus I pembelajaran aktif saling bekerja sama dan sudah banak yang mampu presentasi materi dengan baik, pada siklus II hampir semua siswa mampu presentasi materi dengan baik, berani berpendapat lantang, dan menguatkan argument temannya. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa impelementasi model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray dapat meningkatkan kompetensi siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI IPA 4 di SMA Negeri 8 kota Serang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Model Pembelajaran Kooperatif, Two Stay Two Stray, Kompetensi Siswa |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 11 Apr 2023 01:23 |
Perubahan Terakhir: | 11 Apr 2023 01:23 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11409 |
Actions (login required)
Lihat Item |