Peran Guru PAI Dalam Mengembangkan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Di Era Globalisasi Pada Siswa SMP Negeri 1 Kota Cilegon

Inayah, Sofiatul (2023) Peran Guru PAI Dalam Mengembangkan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Di Era Globalisasi Pada Siswa SMP Negeri 1 Kota Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210051_Cover.pdf

Download (94kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210051_Lampiran Depan.pdf

Download (769kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210051_BAB I.pdf

Download (391kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PAI_181210051_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (401kB)
[img] Teks
S_PAI_181210051_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (219kB)
[img] Teks
S_PAI_181210051_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (448kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210051_BAB V.pdf

Download (163kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PAI_181210051_Daftar Pustaka.pdf

Download (232kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui, Peran guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual (ESQ) di Era Globalisasi pada siswa SMP Negeri 1 Kota Cilegon, serta Faktor penghambat dan pendukung guru PAI dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual (ESQ) pada siswa SMP Negeri 1 Kota Cilegon. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Cilegon. Pada penelitian ini, subjek penelitiannya adalah Wakil Kepala Bidang Kurikulum (Ibu Muryanti, S.Pd), Guru Pendidikan Agama Islam (Ibu Reka Destiany Endah, M.Pd), Guru Bimbingan dan Konseling (BK) (Ibu Gita Holida, S.Psi), dan empat siswa kelas IX tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Peran Guru PAI Dalam Mengembangkan Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Siswa SMPN 1 Cilegon, meliputi mengajarkan ilmu pengetahuan agama Islam, menanamkan keimanan dalam jiwa siswa, mendidik anak agar taat menjalankan ibadah, mendidik anak agar berbudi pekerti yang mulia dan guru menjadi teladan bagi siswa, dan membimbing siswa. Guru PAI dalam menjalankan peran mengajarkan ilmu pengetahuan agama Islam dengan menggunakan berbagai macam metode dan media yang disesuaikan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai, karakteristik siswa, dan kondisi kelas. Guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai keimanan kedalam jiwa siswa dengan menggunakan berbagai cara yang kreatif dan menyenangkan dalam penyampaian nasihat maupun penyampaian tentang syari’at Islam. Guru PAI dalam mendidik agar siswa taat menjalankan ibadah dengan cara selalu diingatkan, diarahkan, diawasi dan dibina melalui program kebijakan pembiasaan siswa di sekolah. Mendidik siswa agar berbudi pekerti yang mulia dengan dijadikannya guru PAI sebagai teladan yang baik dengan selalu menginstropeksi dirinya dan melakukan kegiatan yang dapat menunjang profesionalisme guru PAI. Sedangkan Guru PAI membimbing siswa untuk menemukan makna dari setiap aktivitas yang mereka lakukan, membimbing siswa untuk menemukan solusi dari setiap permasalahan dan mendorong siswa untuk dapat mencapai tujuannya. Faktor-Faktor Penghambat Dalam Pengembangan ESQ Siswa Serta Solusinya Untuk faktor penghambat dalam mengembangkan ESQ siswa di SMPN 1 Cilegon, yaitu: 1) Kurangnya kesadaran dari dalam diri siswa. 2) Orang tua yang kurang kooperatif dengan guru. 3) Lingkungan pertemanan yang membawa dampak kurang baik. 4) Penggunaan teknologi secara berlebihan dan tidak memfilter informasi yang tidak diketahui sumbernya. Solusi dari faktor penghambat tersebut yaitu, 1) Melakukan pendekatan individual. 2) Melakukan pendampingan dan pengawasan dalam penggunaan teknologi/ Hp. 3) Selalu diingatkan sebagai bentuk penguatan dalam dirinya. Sedangkan untuk faktor pedukung dalam pengembangan ESQ siswa di SMPN 1 Cilegon, yaitu; penyediaan sarana dan prasarana sekolah yang memadai, banyaknya kegiatan yang dilakukan sekolah sebagai wujud membantu perkembangan ESQ siswa, penggunaan teknologi yang bijak, guru PAI yang kompetitif dan professional, dan guru selalu berusaha membangun komunikasi yang baik kepada wali murid.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Peran Guru PAI, Kecerdasan Emosional dan Spiritual, Era Globalisasi
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 10 Feb 2023 02:23
Perubahan Terakhir: 10 Feb 2023 02:23
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11397

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.