Ulya, Anzela Zakiyyatul (2023) Pengembangan Media GAYANGHETUM (Gambar Wayang Hewan dan Tumbuhan) untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III SD/MI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240022_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (121kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240022_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (870kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240022_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (154kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240022_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (313kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240022_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (658kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240022_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (762kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240022_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (161kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240022_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (231kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media GAYANGHETUM (Gambar Wayang Hewan dan Tumbuhan) serta mengetahui peningkatan keterampilan menyimak siswa pada materi dongeng dengan menggunakan media GAYANGHTEUM di MI Tarbiyatul Mubtadiin. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and Development (R&D) model Borg and Gall yang memiliki sepuluh tahapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, angket dan tes. Produk diuji cobakan secara terbatas pada kelas III MI Tarbiyatul Mubtadiin dengan sampel 6 siswa. Pengujian validitas meliputi tiga aspek yaitu aspek, fisik/tampilan, aspek pemanfaatan, serta aspek bahasa/materi yang melibatkan dosen ahli media, ahli materi dan uji coba terbatas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil validasi dengan validator ahli media memperoleh nilai rata-rata 4,3 dan presentase 85 % dengan kriteria “sangat layak” dan pada hasil validasi dengan ahli materi memperoleh nilai rata-rata 4,7 dan presentase 94 % dengan kriteria “sangat layak”. Untuk hasil pretest dan posttest penggunanan media GAYANGHETUM siswa mengalami peningkatan pada materi dongeng dalam keterampilan menyimak. Selanjutnya respon siswa terhadap media pembelajaran GAYANGHETUM memperoleh rata-rata presentase 92 % dan masuk dalam kategori “sangat baik” digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran GAYANGHETUMyang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan dalam pembelajaran.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Gayanghetum, Keterampilan Menyimak, Bahasa Indonesia |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 03 Feb 2023 02:03 |
Perubahan Terakhir: | 03 Feb 2023 02:03 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11238 |
Actions (login required)
Lihat Item |