Salsabila, Nadia (2023) Pengembangan Media Kepin (Kereta Pintar) dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem (R&D di kelas V SD Negeri Gudang Tigaraksa Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_181240033_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (68kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240033_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (674kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240033_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (101kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_181240033_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (266kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240033_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (575kB) |
||
Teks
S_PGMI_181240033_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (444kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_181240033_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (153kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_181240033_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (141kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan media kepin dan mengetahui kelayakan media kepin di SD Negeri Gudang Tigaraksa Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Research and Development (R&D) model 4D (Four-D) menurut teori Thiagarajan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Jenis dan model metode ini dipilih karena model pengembangan ini lebih efektif untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Pengujian validitas meliputi tiga aspek yaitu aspek fisik/tampilan, aspek pemanfaatan dan aspek materi. Dari data yang diperoleh 1) Media kepin memperoleh skor validasi ahli media sebesar 92,5% sehingga termasuk kedalam kategori “Sangat Baik”, 2) Pada validasi ahli materi media kepin memperoleh skor sebesar 95% sehingga termasuk kedalam kategori “Sangat Baik” 3) dan pada validasi guru kelas, media kepin memperoleh skor sebesar 92,5% Hasil respon siswa mencapai skor 100% dengan kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya dilakukan uji coba produk kepada 29 siswa menghasilkan nilai sebesar 91,3 dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba, media kereta pintar layak digunakan dalam pembelajaran IPA materi ekosistem pada siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran, Kereta Pintar, IPA |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 02 Feb 2023 08:09 |
Perubahan Terakhir: | 02 Feb 2023 08:09 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11230 |
Actions (login required)
Lihat Item |