Pengembangan Media Kepin (Kereta Pintar) dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem (R&D di kelas V SD Negeri Gudang Tigaraksa Tangerang)

Salsabila, Nadia (2023) Pengembangan Media Kepin (Kereta Pintar) dalam Pembelajaran IPA Materi Ekosistem (R&D di kelas V SD Negeri Gudang Tigaraksa Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240033_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (68kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240033_Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (674kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240033_Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (101kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240033_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (266kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240033_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (575kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240033_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (444kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240033_Bab V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (153kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240033_Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (141kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan media kepin dan mengetahui kelayakan media kepin di SD Negeri Gudang Tigaraksa Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah Research and Development (R&D) model 4D (Four-D) menurut teori Thiagarajan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Jenis dan model metode ini dipilih karena model pengembangan ini lebih efektif untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Pengujian validitas meliputi tiga aspek yaitu aspek fisik/tampilan, aspek pemanfaatan dan aspek materi. Dari data yang diperoleh 1) Media kepin memperoleh skor validasi ahli media sebesar 92,5% sehingga termasuk kedalam kategori “Sangat Baik”, 2) Pada validasi ahli materi media kepin memperoleh skor sebesar 95% sehingga termasuk kedalam kategori “Sangat Baik” 3) dan pada validasi guru kelas, media kepin memperoleh skor sebesar 92,5% Hasil respon siswa mencapai skor 100% dengan kategori “Sangat Baik”. Selanjutnya dilakukan uji coba produk kepada 29 siswa menghasilkan nilai sebesar 91,3 dengan kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil validasi dan uji coba, media kereta pintar layak digunakan dalam pembelajaran IPA materi ekosistem pada siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pembelajaran, Kereta Pintar, IPA
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 02 Feb 2023 08:09
Perubahan Terakhir: 02 Feb 2023 08:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11230

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.