Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca di Sekolah Dasar

Kamila, Indira Nur (2023) Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca di Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240046_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (95kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240046_Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (931kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240046_Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (105kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240046_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (182kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240046_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (285kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240046_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (708kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240046_Bab V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (10kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240046_Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (145kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang kurang minat dalam membaca buku-buku pelajaran di kelas serta keterbatasannya media pembelajaran di kelas serta media pembelajaran yang kurang menarik minat dan perhatian siswa sehingga membuat siswa bosan dan jenuh pada saat pembelajaran di kelas berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk komik yang nantinya dapat digunakan oleh guru dan siswa pada saat pembelajaran berlangsung untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa di kelas. Jenis penelitian yang digunakan yaitu R&D (reseach and development) dengan model 4D oleh Thiagarajan yaitu tahap Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Namun karena keterbatasan waktu yang membuat peneliti hanya dapat melakukan tiga tahap, penelitian ini hanya sampai tahap pengembangan. Produk yang dikembangkan di validasi oleh validator yang menilai media dari aspek bahasa, aspek materi dan aspek tampilan. Berdasarkan hasil validasi produk yang di nilai oleh validator, media komik yang dikembangkan untuk meningkatkan keterampilan membaca di sekolah dasar ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pembelajaran, Komik, Keterampilan Membaca Siswa
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 02 Feb 2023 07:24
Perubahan Terakhir: 02 Feb 2023 07:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11225

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.