Kholilullah, Muhamad (2023) Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Fun Thinkers Book Pada Pelajaran Tajwid Materi Nun Mati (Sukun) Atau Tanwin Di Pondok Pesantren Miftahussholawat. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210024_Cover.pdf Download (24kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210024_Lampiran Depan.pdf Download (817kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210024_BAB I.pdf Download (415kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210024_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (950kB) |
||
Teks
S_PAI_181210024_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (433kB) |
||
Teks
S_PAI_181210024_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (807kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210024_BAB V.pdf Download (189kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210024_Daftar Pustaka.pdf Download (124kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media evaluasi pembelajaran Fun Thinkers Book yang digunakan untuk pembelajaran tajwid materi nun mati (sukun) atau tanwin pada santri di Pondok Pesantren Miftahussholawat. Kelayakan produk diketahui melalui uji coba ahli media dan ahli materi. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan menggunakan model Research and Davelopment (R&D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall, yaitu potensi masalah, pengumpulan data, design produk, validasi design, revisi design, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produk massal. Namun tidak semua langkah dilakukan hanya sampai pada langkah yang ke 6. Subjek uji coba yaitu 18 santri, guru pengajar tajwid sekaligus pimpinan Pondok Pesantren miftahussholawat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah produk evaluasi pembelajaran media Fun Thinkers Book yang dapat digunakan untuk pelajaran tajwid materi nun mati (sukun) atau tanwin untuk santri jenjang sekolah SMP. Kualitas dan kelayakan media evaluasi pembelajaran yang dikembangakan diketahui melalui validasi media, materi, uji coba produk yang terdiri dari pre-test dan post-test. Hasil validasi media mendapat nilai dengan persentase 96,87% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi materi mendapat nilai dengan persentase 100% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba pada pre-test mendapat nilai dengan persentase 48,9% dengan kategori kurang baik. Hasil uji coba pada post-test mendapatkan nilai dengan persentase 80% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan dari hasil kedua tes tersebut, kedua-duanya menghasilkan hasil yang berbeda dalam kemampuan santri dalam memahami tajwid sebelum mengunakan media evaluasi Fun Thinker Book dan sesudahnya. Hasil dari post-test itu lebih baik dari hasil pre-test. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penggunaan media evaluasi Fun Thinker Book dalam pembelajaran tajwid di Pondok Pesantren Miftahussholawat itu layak (efektif) digunakan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengembanga Media Evaluasi, Fun Thinkers Book, Tajwid |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 01 Feb 2023 07:12 |
Perubahan Terakhir: | 01 Feb 2023 07:12 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11197 |
Actions (login required)
Lihat Item |