Implementasi Manajemen Bimbingan dan Konseling di MTs Darul Irfan

Annisa, Fatika Salsabella (2023) Implementasi Manajemen Bimbingan dan Konseling di MTs Darul Irfan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_161250037_Cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (40kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_161250037_Lampiran Depan.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (690kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_161250037_Bab I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (319kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_MPI_161250037_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (754kB)
[img] Teks
S_MPI_161250037_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (352kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_161250037_Bab IV.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (571kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_161250037_Bab V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (48kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_MPI_161250037_Daftar Pustaka.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (43kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Manajemen Bimbingan dan Konseling. Penelitian ini dilakukan di MTs Darul Irfan Kota Serang. Metode Penelitian deskriptif kualitatif analisis SWOT. Informan penelitian adalah Koordinator Guru Bimbingan dan Konseling, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum sekaligus Wali Kelas dan Guru Mata Pelajaran, dan Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: perencanaan bimbingan dan konseling meliputi analisis kebutuhan siswa, analisis situasi dan kondisi sekolah, penentuan jenis program dan layanan, penyediaan sarana fisik dan teknis, penentuan sarana personel serta pembagian tugas, dan kegiatan penunjang. Pengorganisasian sudah cukup baik, dengan adanya koordinasi baik dengan stakeholder maupun dengan instansi atau lembaga lain. Pelaksanaanya sudah sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya. Begitupun dengan layanan yang diberikan. Evaluasi bimbingan dan konseling meliputi evaluasi program, evaluasi proses, dan evaluasi hasil. Namun kurang ada tindak lanjut terkait evaluasi hasil. Faktor pendukung latar belakang pendidikan guru bk sesuai, adanya koordinasi dengan stakeholder dan instansi lain, dan sarana prasarana cukup memadai. Faktor penghambat stigma siswa bahwa guru BK hanya untuk siswa bermasalah/nakal, kurang pahamnya stakeholder terkait prosedur penanganan siswa serta kinerja bk, dan tidak adanya tindak lanjut yang kongkrit terkait evaluasi bimbingan dan konseling. Solusi untuk hambatan yaitu melakukan sosialisasi terkait cara kerja bk, kemudian memperhatikan serta menindak lanjuti hasil evaluasi secara kongkrit.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Manajemen Bimbingan dan Konseling, Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Evaluasi, Stakeholder
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 26 Jan 2023 08:03
Perubahan Terakhir: 26 Jan 2023 08:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/11112

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.