Safitri, Ira Dwi (2023) Penerapan Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengatasi People Pleaser pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_BKI_181520124_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (113kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_181520124_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (496kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_181520124_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (304kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_BKI_181520124_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (288kB) |
||
Teks
S_BKI_181520124_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (252kB) |
||
Teks
S_BKI_181520124_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (540kB) |
||
|
Teks
S_BKI_181520124_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_BKI_181520124_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (3MB) | Pra Tinjau |
Abstrak
People pleaser adalah sebuah fenomena yang mengikat individu menjadi mementingkan kebahagiaan orang lain di atas kebahagiaan mereka sendiri, sehingga fenomena yang dikenal dengan people pleaser dapat berpengaruh pada kesehatan mental. Di Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten tepatnya pada Fakultas Dakwah Program Studi Bimbingan Konseling Islam terindikasi adanya mahasiswa yang mengalami kondisi people pleaser. Permasalahan yang sering terjadi dan dialami oleh mahasiswa dapat memberikan dampak buruk bagi kondisi psikisnya karena mereka sering kali merasa cemas yang tak berujung dan kecemasan tersebut sangat mengganggu aktifitas kesehariannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi people pleaser pada mahasiswa Bimbingan Konseling Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Adapun siklus yang digunakan hanya terdapat 2 siklus. Observasi, wawancara dan instrument BK (penilaian segera) menjadi teknik dan alat pengumpulan data yang peneliti gunakan. Subjek penelitian ini adalah 1 orang konselor sebaya yang aktif di Rumah Konseling selaku pemimpin kelompok dan 7 orang mahasiswa Bimbingan Konseling Islam semester akhir angkatan 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pelaksanaan layanan bimbingan kelompok siklus I masih terdapat kekurangan dan belum berjalan dengan sebaik mungkin. Setelah dilakukan revisi, pelaksanaan layanan bimbingan kelompok siklus II sudah berjalan dengan baik terlihat dari hasil observasi yang peneliti lakukan kepada pemimpin kelompok maupun anggota kelompok. Perubahan pada people pleaser pun terlihat dari hasil analisis LAISEG (penilaian segera) yang menggambarkan perubahan respon anggota kelompok terhadap pelaksanaan kegiatan layanan bimbingan kelompok yang dilakukan oleh pemimpin kelompok.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Layanan Bimbingan Kelompok, People Pleaser, Mahasiswa |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.1 Falsafah > 2x7.15 Ilmu jiwa agama Islam |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 13 Jan 2023 03:30 |
Perubahan Terakhir: | 04 Apr 2024 05:12 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10853 |
Actions (login required)
Lihat Item |