Agustiana, Linda (2022) Strategi Orang Tua dalam Mengenalkan Uang untuk Anak Usia Dini di Perum Griya Pelangi Sakinah Kampung Dumus Desa. Pematang Rt/13 Rw/03 Kecamatan Kragilan Serang Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_171260056_Cover.pdf Download (232kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_171260056_Lampiran Depan.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (630kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_171260056_BAB I.pdf Download (279kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_171260056_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (465kB) |
||
Teks
S_PIAUD_171260056_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (216kB) |
||
Teks
S_PIAUD_171260056_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (263kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_171260056_BAB V.pdf Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_171260056_Daftar Pustaka.pdf Download (823kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Uang merupakan hal yang sangat penting yang kita gunakan untuk bertransaksi. Dalam mempelajari matematika khususnya mengenal nilai mata uang diperlukan media pembelajaran yang efektif yang bisa melibatkan anak usia dini pada pembelajaran yang dapat membantu meningkatkan pengetahuan anak usia dini. Strategi orang tua dalam mengajarkan anak usia dini untuk mengenalkan uang seperti memberikan anak materi berhitung sehingga anak mengetahui angka terlebih dahulu. Selain belajar berhitung orang tua mengajarkan anak usia dini untuk menyisihkan sisa uang jajannya untuk disimpan. Tujuan: (1) Mengetahui strategi orang tua dalam mengenalkan uang untuk anak usia dini. (2) Mengetahui tentang bagaimana pemahaman anak usia dini tentang penggunaan uang. (3) Mengetahui pemahaman anak tentang konsep uang yang diajarkan oleh orang tua anak usia dini. Metode: metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data: menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah orang tua anak usia dini 3-6 tahun, berjumlah 10 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data serta kesimpulan/verifikasi, sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian: dari hasil wawancara, menunjukkan bahwa strategi yang diberikan oleh orang tua sangatlah bermanfaat. Orang tua selalu memberikan gambaran termudah agar anak-anak mengerti tentang uang. Dari mulai memberikan strategi belanja, mengenal mata uang dari warna dan bentuk uangnya, mengajari menabung dan memberikan cara dengan memberikan uang jajan agar dapat kembalian uang. Peningkatan tersebut didapat dengan melakukan semua tahapan-tahapan pembelajaran dengan menggunakan metode yang disebutkan di atas tadi. Hal ini terbukti dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal nilai mata uang. Kesimpulan: Strategi yang digunakan oleh orang tua dalam penelitian ini yakni, mengajak anak-anak untuk ikut berbelanja dengan orang tua dapat membuat anak secara langsung memahami sebuah transaksi jual beli.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Orang Tua, Mata Uang, Anak Usia Dini |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 11 Apr 2023 02:47 |
Perubahan Terakhir: | 11 Apr 2023 02:47 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10830 |
Actions (login required)
Lihat Item |