Prawiranegara, Faizzuddin (2022) Implementasi Fungsi Pengawasan dalam Meningkatkan Manajemen Mutu Pendidikan di Masa Pandemic Covid-19 (Studi di MTsN 2 dan MTsN 4 Kabupaten Tangerang). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
T_MPI_192630030_Cover.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (139kB) |
||
Teks
T_MPI_192630030_Lampiran Depan.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (697kB) |
||
|
Teks
T_MPI_192630030_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (234kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_MPI_192630030_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (445kB) |
||
Teks
T_MPI_192630030_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (135kB) |
||
Teks
T_MPI_192630030_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (285kB) |
||
|
Teks
T_MPI_192630030_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (51kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_MPI_192630030_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (170kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pelaksanaan pengawasan merupakan aktifitas penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Pengawasan dimaksudkan sebagai kegiatan kontrol terhadap seluruh kegiatan pendidikan untuk mengarahkan, mengawasi, membina dan mengendalikan dalam pencapaian tujuan. Sehingga Manajemen mutu pendidikan dapat menuju ke arah yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pendidikan sebelum dan sesudah adanya fungsi pengawasan, untuk mengetahui proses pelaksanaan fungsi pengawasan dimasa pandemic covid-19 di MTs Negeri 2 dan MTs Negeri 4 Kabupaten Tangerang Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, dokumentasi dan wawancara bebas (non terstruktur). Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deduksi analitik sesuai teori Milles and Habermen Hasil penelitian, Implementasi fungsi pengawas Madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Negeri 2 dan MTs Negeri 4 Kabupaten Tangerang dapat digambarkan sebagai berikut, pertama pengawas madrasah sudah melakukan pemantauan tehadap perencanaan pembelajaran walaupun pada pelaksanaannya belum secara maksimal dan efektif menyentuh kepada semua guru karena kondisi pandemic covid-19, Yang kedua pengawas madrasah sudah melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap guru atau kepala madrasah sudah berjalan dengan baik karena setiap kali pengawas madrasah melakukan kunjungan pasti selalu melakukan atau memberikan sedikit ilmu atau motivasi terhadap guru-guru dan kepala madrasah Yang ketiga yaitu pengawas madrasah sudah melakukan penilaian terhadap kinerja guru sudah berjalan dengan baik, pengawas madrasah melakukan penilaian terhadap kinerja guru satu semester dua kali penilaian atau minimal setahun dua kali. Keberhasilan implementasi fungsi pengawasan yang dilakukan pengawas menjadikan kompetensi pedagogik yang dimiliki guru sudah baik namun masih perlu untuk selalu ditingkatkan. Hambatan pelaksanaan implementasi pengawasan yang ideal dikategorikan dalam dua aspek, yaitu struktur dan kultur.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Implementasi Fungsi Pengawasan, Manajemen Mutu Pendidikan |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 30 Des 2022 04:03 |
Perubahan Terakhir: | 30 Des 2022 04:03 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10823 |
Actions (login required)
Lihat Item |