Amri, Rikil (2022) Gagasan Modernisasi Pendidikan Islam Menurut Nurcholish Madjid. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PAI_192610047_Cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (10kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_192610047_Lampiran Depan.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (4MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_192610047_Bab I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (848kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_PAI_192610047_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (842kB) |
||
Teks
T_PAI_192610047_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (251kB) |
||
Teks
T_PAI_192610047_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (838kB) |
||
|
Teks
T_PAI_192610047_Bab V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (59kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_192610047_Daftar Pustaka.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (180kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Persoalan mendasar yang terjadi hampir merata dalam dunia pendidikan di Indonesia adalah terpisahnya lembaga-lembaga pendidikan yang memiliki konsentrasi dan orientasi yang berbeda. Realitas kelembagaan pendidikan ini lebih dikenal dengan dualisme pendidikan. Dan modernisasi pendidikan yang digagas oleh Nurcholish Madjid pada prinsipnya menghilangkan dualisme pendidikan tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1). Bagaimana landasan modernisasi pendidikan Islam menurut Nurcholish Madjid? 2). Mengapa Nurcholish Madjid ingin memodernisasikan pendidikan Islam? Tujuan dalam penelitian ini, yaitu: Guna melihat secara obyektif gagasan modernisasi pendidikan Islam menurut Nurcholish Madjid. Manfaat dalam penelitian ini, yaitu: diharapkan dapat menambah dan memperluas khazanah ilmu pengetahuan, khususnya ilmu pengetahuan dalam bidang Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian tesis ini dengan jenis data penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang ditempuh terdiri dari, pertama melalui pengumpulan karya-karya Nurcholish MAdjid sebagai sumber primer yang berkaitan dengan dunia pendidikan Islam. Kemudian, dipadukan dengan karya-karya para ahli yang berbeda sebagai sumber sekunder, berisikan data tentang objek pembicaraan ini, sebagai bahan korelasi terhadap ide-ide yang diprakarsai oleh Nurcholish Madjid. Kedua, setelah sumber primer dan sekunder dikumpulkan, semua informasi disusun secara sistematis dan dikelompokkan ke dalam klasifikasi yang dapat dianalisa berdasarkan pemikiran modernisasi pendidikan Islam yang dikemukakan oleh Nurcholish Madjid. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemikiran Nurcholish Madjid tentang modernisasi pendidikan yang digagas Nurcholish MAdjid pada dasarnya dapat dilihat melalui: 1) landasan teologis, 2) landasan historis, dan 3) landasan filosofis. Sedangkang mengapa Nurcholish Madjid ingin memodernisasikan pendidikan Islam, Nurcholish Madjid menjadikan sistem pendidikan Gontor sebagai model. Model pembelajaran untuk memadukan unsur keislaman, keindonesiaan, dan keilmuan. Sebagaimana platform pembaharuan Nurcholish Madjid sendiri yaitu: keislaman, keindonesiaan, dan kemodernan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Modernisasi, Pendidikan Islam, Nurcholish Madjid |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 30 Des 2022 01:57 |
Perubahan Terakhir: | 30 Des 2022 01:57 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10816 |
Actions (login required)
Lihat Item |