Munawir, Amin (2022) Pengaruh Latar Belakang Pendidikan dan Status Sosial Orang Tua terhadap Keberhasilan Pendidikan Agama Islam Anak (Studi di MTs Mathla’ul Anwar Cikaliung Saketi Pandeglang Banten). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PAI_172011059_COVER.pdf Download (65kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_172011059_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (2MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_172011059_BAB I.pdf Download (276kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_PAI_172011059_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (499kB) |
||
Teks
T_PAI_172011059_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (333kB) |
||
Teks
T_PAI_172011059_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (598kB) |
||
|
Teks
T_PAI_172011059_BAB V.pdf Download (115kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_172011059_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini memiliki beberapa masalah yang dikaji dan akan diteliti: Apakah terdapat perbedaan keberhasilan PAI siswa yang orang tuanya pernah belajar di pesantren dan siswa yang orang tuanya tidak pernah belajar di pesantren?, Apakah terdapat perbedaan keberhasilan PAI siswa yang orang tuanya memiliki status sosial tinggi dan siswa yang orang tuanya memiliki status sosial rendah?, Apakah terdapat interaksi antara latar belakang Pendidikan agama orang tua dengan status sosial orang tua terhadap keberhasilan Pendidikan agama Islam siswa?, Apakah terdapat perbedaan keberhasilan PAI siswa yang orang tuanya pernah belajar dipesantren dan siswa yang orang tuanya tidak pernah belajar di pesantren, pada siswa yang orang tuanya mempunyai status sosial tinggi?, Apakah terdapat perbedaan keberhasilan PAI siswa yang orang tuanya pernah belajar di pesantren dan siswa yang orang tuanya tidak pernah belajar di pesantren, pada siswa yang orang tuanya mempunyai status sosial rendah?, Apakah terdapat perbedaan keberhasilan PAI siswa yang orang tuanya memiliki status sosial tinggi dan siswa yang orang tuanya memiliki status sosial rendah pada siswa yang orang tuanya pernah belajar di pesantren?, Apakah terdapat perbedaan keberhasilan PAI siswa yang orang tuanya memiliki status sosial tinggi dan siswa yang orang tuanya memiliki status sosial rendah pada siswa yang orang tuanya tidak pernah belajar di pesantren Siswa di MTs Mathla`ul Anwar Cikaliung? Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahuai apakah terdapat perbedaan keberhasilan PAI siswa yang orang tuanya memiliki status sosial tinggi dan siswa yang orang tuanya memiliki status sosial rendah pada siswa yang orang tuanya tidak pernah belajar di pesantren Siswa di MTs Mathla`ul Anwar Cikaliung. Manfaat dari penelitian ini adalah agar pihak-pihak terkait dapat menjadikan hasil dari penelitian ini sebagai salah satu rujukan dalam melakukan perbaikan pendidikan ke depan, terutama dalam hal yang berkaitan dengan judul penelitian. Penelitian ini menggunakan metode Ex Post Facto. Pengujian hipotesis dilakukan dengan anava two way dan dilanjutkan dengan uji tukey. Berdasarkan hasil perhitungan data dengan menggunakan (ANAVA) dua arah dan dilanjutkan dengan uji Tukey, (1) nilai antar kolom Fh= 4,35 > Ft = 4,11, jadi H0 ditolak dan H1 terima, maka terdapat perbedaan antara siswa yang orang tuanya pernah belajar agama di pesantren dengan siswa yang orang tuanya tidak pernah belajar agama di pesantren, (2) nilai antar baris Fh= 2,85 < Ft = 4,11, jadi H0 diterima dan H1 ditolak, maka tidak terdapat perbedaan antara siswa yang orang tuanya mmiliki status sosial tinggi dengan siswa orang tuanya memiliki status soaial rendah, (3) nilai interaksi Fh= 45,66 > Ft = 4,11, jadi H0 ditolak dan H1 terima, maka terdapat interaksi antara budaya infak dan kepribadian siswa, (4) Uji Tukey 1,2: Qh1,2 = 8,84 > Qt = 3,81, maka H0 ditolak dan H1 terima, maka terdapat perbedaan keberhasilan vi PAI siswa antara siswa yang orang tuanya pernah belajar agama di pesantren dengan siswa yang orang tuanya tidak pernah belajar agama di pesantren, pada siswa yang orang tuanya memiliki status sosial tinggi. (5) Uji Tukey 3,4: Qh3,4 = 4,67 > Qt = 3,81, maka H0 ditolak dan H1 terima, maka terdapat perbedaan keberhasilan PAI siswa antara siswa yang orang tuanya pernah belajar agama di pesantren dengan siswa yang orang tuanya tidak pernah belajar agama di pesantren, pada siswa yang orang tuanya memiliki status sosial rendah, (6) Uji Tukey 1,3: Qh1,3 = 5.07 > Qt = 3,81, maka H0 ditolak dan H1 terima, maka terdapat perbedaan keberhasilan PAI siswa antara siswa yang orang tuanya memiliki status sosial tinggi dengan siswa yang orang tuanya memiliki status sosial rendah, pada siswa yang orang tuanya pernah belajar agama di pesantren. Dan (7) Uji Tukey 2,4: Qh2,4 = 8.45 > Qt = 3,81, maka H0 ditolak dan H1 terima, maka terdapat perbedaan keberhasilan PAI siswa antara siswa yang orang tuanya memiliki status sosial tinggi dengan siswa yang orang tuanya memiliki status sosial rendah, pada siswa yang orang tuanya tidak pernah belajar agama di pesantren.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Keberhasilan PAI, Latar Belakang Pendidikan Orang Tua, dan Status Sosial orang tua, Pendidikan Pesantren |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 11 Apr 2023 04:18 |
Perubahan Terakhir: | 11 Apr 2023 04:18 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10797 |
Actions (login required)
Lihat Item |