Pengembangan Media E-book Piguda Banten untuk Meningkatkan Pemahaman Lagu dan Bahasa Daerah pada Peserta Didik

Ayuni, Afifah Qurota (2022) Pengembangan Media E-book Piguda Banten untuk Meningkatkan Pemahaman Lagu dan Bahasa Daerah pada Peserta Didik. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240104_Cover.pdf

Download (61kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240104_Lampiran Depan.pdf

Download (377kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240104_BAB I.pdf

Download (174kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_181240104_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (351kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240104_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (324kB)
[img] Teks
S_PGMI_181240104_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240104_BAB V.pdf

Download (86kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_181240104_Daftar Pustaka.pdf

Download (141kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-book piguda Banten dan menguji kelayakanya. Dilatarbelakangi oleh media yang masih sangat minim tentang pengenalan lagu dan bahasa daerah. Peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) model ADDIE dari Dick dan Carry yang terdiri atas analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V sekolah dasar yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi ahli dan guru kelas. Hasil validasi diperoleh dari ahli media dengan persentase 88% dan hasil validasi diperoleh dari ahli materi dengan presentase 100% dan hasil validasi oleh guru kelas dengan presentase 82,5%. Hasil implementasi penggunaan media e-book piguda diuji cobakan dengan pretest dan posttest dan mendaptkan kenaikan. Pada pretest hasil belajar siswa adalah 52,5 dengan hasil presentase 32% dan sebanyak 4 siswa telah mencapai KKM, sedangkan pada hasil posttest nilai rata-rata yang didapat adalah 80 dengan hasil presentase 75% dan sebanyak 9 siswa telah mencapai KKM. Hasil analisis data menggunakan rumus N-gain mendaptkan rata-rata nilai 0,6 dengan maasing-masing katagori jawaban peserta didik mengalami kenaikan. Hasil respon media e-book piguda oleh peserta didik memperoleh presentase sebesar 91% yang menyatakan “sangat layak”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media e-book piguda Banten layak digunakan dalam pembelajaran.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): E-book Piguda, Lagu dan Bahasa Daerah Banten
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Apr 2023 03:27
Perubahan Terakhir: 18 Apr 2023 03:27
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10776

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.