Wulandari, Rizka (2015) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa (Studi di MAN Balaraja Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.
|
Teks
Cover.pdf Download (72kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (105kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB I.pdf Download (98kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB II.pdf Download (92kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB III.pdf Download (69kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB IV.pdf Download (127kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
BAB V.pdf Download (35kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (44kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Komunikasi interpersonal sangat penting dalam kehidupan sehari-hari untuk setiap orang, khususnya untuk para siswa dalam mengalami masa peralihan dan penyesuaian dirinya di sekolah. Siswa yang kurang baik komunikasi interpersonalnya itu akan mengganggu proses perkembangan belajarnya, karena pada diri siswa terus menerus dihadirkan perasaan-perasaan yang tidak menyenangkan, terlebih apabila sebelumnya siswa mempunyai permasalahan pribadi yang menyebabkan kemampuan komunikasi interpersonalnya menjadi kurang baik. Berdasarkan latar belakang di atas tersebut, maka rumusan masalahnya adalah: 1). Bagaimana layanan bimbingan kelompok di MAN Balaraja?, 2). Bagaimana komunikasi interpersonal pada siswa kelas X Keagamaan di MAN Balaraja?, 3). Bagaimana pengaruh layanan bimbingan kelompok di MAN Balaraja terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal siswa kelas X Keagamaan? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui bentuk pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di MAN Balaraja, 2). Untuk mengetahui komunikasi interpersonal siswa kelas X Keagamaan di MAN Balaraja, 3). Untuk mengetahui pengaruh bimbingan dan konseling terhadap komunikasi interpersonal siswa kelas X Keagamaan di MAN Balaraja. Penelitian ini dilaksanakan di MAN Balaraja Kab. Tangerang, pada 16 Mei s/d 08 September 2015, Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodologi penelitian kuantitatif yang jumlah populasinya 39 responden dengan teknik analisis datanya dengan menggunakan analisis statistik dan teknik pengumpulan datanya meliputi: observasi, angket dan wawancara. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bahwa layanan bimbingan kelompok yang dilakukan oleh guru BK di MAN Balaraja, masuk kategori cukup baik. Hal itu ditunjukan dengan perolehan mean (r2) sebesar 69.15. Kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X Keagamaan di MAN Balaraja masuk kategori cukup baik. Hal itu ditunjukan dengan perolehan mean (r2) sebesar 63,72. Dari hasil analisis data menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara layanan bimbingan kelompok terhadap komunikasi interpersonal siswa. Sesuai dengan nilai korelasi (R) sebesar 0,152 dan hasil nilai koefisien determinasi R2= 0,023, yang artinya adalah proporsi pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap komunikasi interpersonal siswa kategori rendah. Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok dan Komunikasi Interpersonal Siswa.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Bimbingan Konseling, Komunikasi Personal |
Subjek: | 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam |
User Penyetor: | S.IPI Tsulatsiah Andi |
Tanggal Disetorkan: | 02 Mar 2017 07:49 |
Perubahan Terakhir: | 02 Apr 2024 03:16 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/106 |
Actions (login required)
Lihat Item |