Mukhlishoh, Lilis (2022) Pengaruh Penggunaan Metode Simaan Terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur’an Santri (Studi di Pondok Pesantren Hidayatut Thalibin Taktakan Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210128_Cover.pdf Download (48kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210128_Lampiran Depan.pdf Download (732kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210128_BAB I.pdf Download (506kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210128_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (830kB) |
||
Teks
S_PAI_181210128_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (608kB) |
||
Teks
S_PAI_181210128_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (537kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210128_BAB V.pdf Download (569kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210128_Daftar Pustaka.pdf Download (418kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode simaan di Pondok Pesantren Hidayatut Thalibin Taktakan Kota Serang, untuk mengetahui kualitas hafalan Al-Qur’an santri setelah menggunakan metode simaan di Pondok Pesantren Hidayatut Thalibin Taktakan Kota Serang, dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan metode simaan terhadap kualitas hafalan Al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Hidayatut Thalibin Taktakan Kota Serang. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis eksperimen. Populasi penelitian merupakan santriwati yang berjumlah 46 orang dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan telah diuji validitas serta reliabilitas nya. Teknik pengumpulan data nya menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan tes lisan. Teknik analisis data nya melalui uji normalitas, uji homogenitas serta uji-t. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan metode simaan santri menjadi lebih terarah untuk mengulang hafalannya dan sebagai bentuk usaha menjadikan para santri tidak hanya focus ziyadah tapi juga selalu murojaah, kualitas hafalan Al-Qur’an santri setelah menggunakan metode simaan menjadi lebih baik, murojaah dengan metode simaan dapat meningkatkan kualitas hafalan Al- Qur’an santri, hal ini dapat dilihat dari hasil akhir posttest kedua kelas yang menunjukkan perbedaan secara signifikan, yaitu kelas eksperimen mendapatkan nilai 88,26 sedangkan kelas kontrol sebesar 83,04.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode Simaan; Kualitas Hafalan Al-Qur’an |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 14 Nov 2022 04:19 |
Perubahan Terakhir: | 14 Nov 2022 04:19 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10256 |
Actions (login required)
Lihat Item |