Anggraeni, Destri (2022) Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Bowling Pada Kelompok B (PTK di TK PGRI Karya Bhakti). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_161260015_COVER.pdf Download (102kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_161260015_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (460kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_161260015_BAB I.pdf Download (350kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_161260015_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (239kB) |
||
Teks
S_PIAUD_161260015_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (452kB) |
||
Teks
S_PIAUD_161260015_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (649kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_161260015_BAB V.pdf Download (87kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_161260015_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia dini melalui permainan bowling pada kelompok B di TK PGRI Karya Bhakti Cikeusik. Kemampuan motorik kasar pada anak usia kelompok B yang ditingkatkan ialah kemampuan Berjalan, Berlari dan Melempar melalui permainan bowling dengan menggunakan alat permainan dari bahan plastik yang memungkinkan dapat memudahkan pada anak saat bermain. Penelitian ini dilakukan karena ada permasalahan dalam peningkatan kemampuan motorik kasar dikelompok B. jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh peneliti dan dibantu dengan guru kelas. Subyek penelitian ini sebanyak 15 anak. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan motoric kasar pada anak usia dini melalui permainan bowling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen lembar aktifitas siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik deskriptif kulitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik kasar pada anak usia dini melalui permainan bowling di TK PGRI Karya Bhakti Cikeusik dapat ditingkatkan melalui permainan bowling. Anak bermain bersama-sama namun bergantian pada saat melemparkan bola pada pin gada, kemudian anak memainkan permainan bowling sesuai instruksi yang diberikan yaitu bagimana cara berjalan pada saat akan melempar, berlari menuju gada pin yang sudah disusun dan melemparkan bola yang dibawa oleh anak agar mengenai pin gada yang didepannya, pada saat bermain bowling tidak hanya kemampuan motorik kasarnya saja tetapi juga banyak manfaat yang akan anak dapatkan yaitu dapat meningkatkan pengetahuan berhitung dan mengenal warna juga. Jadi dalam permainan bowling dirasa sangat efektif sebagi penunjang belajar pada anak usia dini. Hasil kemampuan motorik kasar anak usia dini melalui permanan bowling nilai rata-rata pada kondisi awal sebesar 61,86%, meningkart pada siklus I menjadi 70,06%, dan disiklus II meningkat sebesar 80,13%.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kemampuan Motorik Kasar, Kemampuan Berjalan, Berlari dan Melempar, Permainan Bowling |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 14 Nov 2022 04:41 |
Perubahan Terakhir: | 14 Nov 2022 04:41 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10248 |
Actions (login required)
Lihat Item |