Octavia, Dwi Mariani (2022) Dampak dan Solusi Pembelajaran Daring terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini (Studi di Desa Bojong Leles RT 03/RW 06 Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_171260053_Cover.pdf Download (127kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_171260053_Lampiran Depan.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (909kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_171260053_BAB I.pdf Download (292kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_171260053_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (358kB) |
||
Teks
S_PIAUD_171260053_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (234kB) |
||
Teks
S_PIAUD_171260053_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (226kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_171260053_BAB V.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_171260053_Daftar Pustaka.pdf Download (224kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan sosial emosional pada anak usia dini, dampak pembelajaran daring terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini serta solusi dari dampak pembelajaran daring terhadap perkembangan sosial emosional anak usia dini di Desa Bojong Leles Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak Banten. Penelitian ini menggunakan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah anak usia dini, orangtua serta guru yang berjumlah 10 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data serta kesimpulan/verifikasi, sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Desa Bojong Leles RT 03/RW 06 Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak Banten yakni anak bersikap kurang kooperatif , anak kurang bersosialisasi dengan teman sebayanya, anak mudah merasa bosan, anak merasa rindu dengan teman dan gurunya disekolah serta anak mengalami kekerasan verbal karena orangtua yang kurang sabar dalam mendampingi anak belajar daring. Solusi dari Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini yang dilakukan oleh orangtua yakni melakukan pendampingan selama proses belajar daring, membuat laporan perkembangan anak, rutin berkomunikasi dengan guru serta memberikan dukungan secara emosional pada anak berupa pujian, sedangkan solusi yang dilakukan oleh guru berupa menciptakan pembelajaran yang kreatif dan inovatif, mempelajari teknologi serta rutin berkomunikasi dengan orang tua.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Dampak Pembelajaran Daring, Solusi, Perkembangan Sosial Emosional Anak |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 14 Nov 2022 06:16 |
Perubahan Terakhir: | 14 Nov 2022 06:16 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10242 |
Actions (login required)
Lihat Item |