Khotimah, Nurul (2022) Membangun Karakter Islami Melalui Pembiasaan Praktek Ibadah pada Anak Usia 5-6 Tahun di Kober Al-Malik. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_161260009_Cover.pdf Download (107kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_161260009_Lampiran Depan.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (960kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_161260009_BAB I.pdf Download (315kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_161260009_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (414kB) |
||
Teks
S_PIAUD_161260009_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (221kB) |
||
Teks
S_PIAUD_161260009_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (325kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_161260009_BAB V.pdf Download (155kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_161260009_Daftar Pustaka.pdf Download (171kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih adanya anak yang belum terbiasa dalam pembiasaan praktek ibadah yang sudah di programkan oleh sekolah dan diimplemtasikan oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: bagaimana cara membangun karakter Islami anak usia 5-6 tahun melalui pembiasaan praktek ibadah, dan bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam membangun karakter Islami anak usia 5-6 tahun melalui pembiasaan praktek ibadah di KOBER Al-Malik. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui cara bagaimana membangun karakter Islami anak usia 5-6 tahun melalui pembiasaan praktek ibadah, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat cara bagaimana membangun karakter Islami anak usia 5-6 tahun melalui pembiasaan praktek ibadah di KOBER Al-Malik. Manfaatnya adalah untuk menambah wawasan khasanah keilmuan tentang bagaimana cara membangun karakter Islami anak usia 5-6 tahun melalui pembiasaan praktek ibadah di KOBER Al-Malik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif, data penelitian diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Objek penelitian adalah kepala sekolah, guru, anak dan orang tua anak. Teknis analisis data dalam penelitian ini ada beberapa tahapan diantaranya: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa membangun karakter Islami anak usia 5-6 tahun melalui pembiasaan praktek ibadah di KOBER Al-Malik sudah baik, akan tetapi kurang optimal, karena guru kurang tegas dalam menyikapi anak yang tidak mau mengikuti pembiasaan tersebut. Kesimpulannya yaitu strategi yang diberikan oleh guru kepada anak masih kurang menarik sehingga menyebabkan anak merasa bosan dan guru sebaiknya mengikuti pembinaan dan pelatihan serta seminar untuk dikembangkan kemampuannya dalam meningkatkan bagaimana cara membangun karakter Islami anak usia 5-6 tahun melalui pembiasaan praktek ibadah di KOBER Al-Malik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Anak Usia Dini; Karakter Islami; Pembiasaan Praktek Ibadah |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 14 Nov 2022 03:12 |
Perubahan Terakhir: | 14 Nov 2022 03:12 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10241 |
Actions (login required)
Lihat Item |