Ramadhan, Ghiffar (2022) Penerapan Membaca Al-Qur’an Braille terhadap Anak Tuna Netra Melalui Metode Fernald untuk Meningkatkan Kemampuan Bacaan Al-Qur’an (Studi Kasus di Sekolah Berkebutuhan Khusus (SKH) Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_161210120_Cover.pdf Download (159kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_161210120_Lampiran Depan.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (735kB) |
||
|
Teks
S_PAI_161210120_BAB I.pdf Download (373kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_161210120_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (337kB) |
||
Teks
S_PAI_161210120_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (203kB) |
||
Teks
S_PAI_161210120_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (254kB) |
||
|
Teks
S_PAI_161210120_BAB V.pdf Download (152kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210120_Daftar Pustaka.pdf Download (222kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an Braille siswa tunanetra sebelum menggunakan metode fernald di SKH Cilegon, untuk meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an Braille bagi siswa tunanetra SKH Cilegon semester ganjil tahun 2021/2022 Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research (CAR). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa tunanetra kelas I SKH Cilegon tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah tiga orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Sebelum menggunakan metode fernald proses belajar mengajar khususnya bagi siswa tunanetra, guru belum menggunakan metode, teknik, pendekatan, media dan alat pembelajaran secara optimal. Hal ini sangat berpengaruh terhadap keaktifan, motivasi dan prestasi siswa tunanetra khususnya prestasi membaca al-Qur’an Braille. Walaupun dalam pelajaran iqra khususnya membaca permulaan guru sudah menggunakan metode SAS dan Drill, tetapi hasilnya belum memuaskan. Penerapan metode fernald dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an Braille siswa. Peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an tersebut dapat dilihat dari hasil data observasi yang diperoleh nilai terendah tiap fasenya selalu ada kenaikan. Pada pra siklus nilai terendah 50, pada siklus I menjadi 55, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 70. Perolehan nilai tertinggi pada pra siklus 60, pada siklus I meningkat menjadi 70, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 85. Kenaikan juga terlihat pada nilai rata-rata. Pada pra siklus nilai rata-rata 55, siklus I naik menjadi 63,33 dan pada siklus II meningkat menjadi 70,33. Pencapaian ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan. Pada pra siklus 0%, siklus I meningkat menjadi 66,67% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Dengan demikian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa tentang kemampuan membaca al-Qur’an Braille meningkat setelah menggunakan Metode Fernald.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode Fernald, Kemampuan Membaca Al-Qur’an |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 15 Nov 2022 03:01 |
Perubahan Terakhir: | 15 Nov 2022 03:01 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10202 |
Actions (login required)
Lihat Item |