Thohaliyah, Aat (2022) Peran Guru PAI dalam Mengembangkan Moral Peserta Didik Melalui Pendisiplinan Sholat Dzuhur Berjama’ah (Studi di MAN 1 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210032_Cover.pdf Download (366kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210032_Lampiran Depan.pdf Download (908kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210032_BAB I.pdf Download (425kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210032_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (805kB) |
||
Teks
S_PAI_181210032_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (350kB) |
||
Teks
S_PAI_181210032_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (567kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210032_BAB V.pdf Download (222kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210032_Daftar Pustaka.pdf Download (211kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui moral peserta didik di MAN 1 Kota Serang. 2) Untuk mengetahui proses pendisiplinan sholat dzuhur berjamaah di MAN 1 Kota Serang. 3) Untuk mengetahui peran guru PAI dalam mengembangkan moral pesera didik melalui pendisiplinan sholat dzuhur berjamaah di MAN 1 Kota Serang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisinya penulis menggunakan teori Miles dan Hubermans, langkah-langkah analisis meliputi pengumpulan data, data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion/verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa Peran guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan moral peserta didik melalui pendisiplinan sholat dzuhur berjamaah di MAN 1 Kota Serang yaitu seorang guru pendidikan agama Islam yang ada di MAN 1 Kota Serang tidak hanya menyuruh atau merintah terhadap siswanya saja, akan tetapi guru pendidikan agama Islam juga ikut serta dalam melaksanakan kegiatan sholat berjamaah. Selain itu juga guru PAI harus memberikan motivasi kepada siswanya agar mau melaksanakan sholat dzuhur berjamaah yaitu dengan memberikan pengertian bahwa betapa pentingnya melaksanakan sholat dzuhur berjama’ah. Dalam melaksanakan sholat dzuhur berjamaah disamping kita melaksanakan perintah Allah SWT disitu juga mengandung hikmah – hikmah yang terkandung dalam sholat berjamaah. Diantaranya disiplin waktu, adanya nilai kebersamaan, adanya nilai kerjasama dan yang lebih utama yaitu mendapatkan pahala 27 derajat dibanding sholat munfarid.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Peran Guru PAI, Pengembangan Moral, Pendisiplinan, Sholat Berjamaah |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 09 Nov 2022 01:09 |
Perubahan Terakhir: | 09 Nov 2022 01:09 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10198 |
Actions (login required)
Lihat Item |