Bena, Digna Damara (2022) Pengembangan Lagu sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_171240006_Cover.pdf Download (244kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240006_Lampiran Depan.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (367kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240006_Bab I.pdf Download (311kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_171240006_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (348kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240006_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (712kB) |
||
Teks
S_PGMI_171240006_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (596kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_171240006_Bab V.pdf Download (242kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_171240006_Daftar Pustaka.pdf Download (228kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas sebuah media lagu sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis bagi anak berkebutuhan khusus. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research And Development) dengan menggunkan model pengembangan 4D menurut teori Thiagarajan, yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Degan sampel 2 siswa kelas V SD Negeri 02 Marunda Penyelenggara Sekolah inklusif Jakarta Utara. Validasi media lagu berpedoman pada dua aspek yaitu aspek kualitas isi, tujuan, dan aspek syarat teknis. Hasil validasi skor rata-rata keseluruhan dari ahli media dan materi memperoleh skor 91% dengan kategori “sangat baik”. Dengan begitu produk media lagu sudah layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Sementara hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa hasil kemampuan menulis siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan media lagu. Dari hasil uji coba sebelum menggunakan produk media lagu hasil kemampuan menulis siswa memperoleh skor rata-rata 55 “cukup baik”, setelah menggunakan produk media lagu memperoleh skor rata-rata 72,75 “baik”. Sementara hasil kinerja siswa 74 % “baik”, dan hasil respon siswa terhadap produk media lagu menunjukkan bahwa produk media lagu mampu meningkatkan hasil kemampuan menulis siswa dengan memperoleh jumlah 40.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran, Media Lagu, Kemampuan Menulis |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 15 Nov 2022 03:50 |
Perubahan Terakhir: | 15 Nov 2022 03:50 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10147 |
Actions (login required)
Lihat Item |