Majdi, M. Farid (2022) Pola Pendidikan Pesantren Modern dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Studi di Panti Asuhan Al-Mabrur Bekasi. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_181210156_Cover.pdf Download (65kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210156_Lampiran Depan.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (543kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210156_Bab I.pdf Download (276kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_181210156_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (448kB) |
||
Teks
S_PAI_181210156_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (203kB) |
||
Teks
S_PAI_181210156_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (220kB) |
||
|
Teks
S_PAI_181210156_Bab V.pdf Download (207kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_181210156_Daftar Pustaka.pdf Download (221kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tidak semua keluarga dapat memenuhi hak dan kebutuhan setiap anak, karena krisis ekonomi dan kemiskinan sehingga tidak terpenuhinya kebutuhan pokok kehidupan setiap anak khususnya dalam bidang pendidikan. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana proses pembelajaran, bagaimana pola pendidikan pesantren modern, dan bagaimana pola pendidikan pesantren modern dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran Bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui porses meningkatkan pembelajaran di panti asuhan Al-Mabrur Bekasi, Untuk mengetahui bagaimana pola pendidikan pesantren di panti asuhan Al-Mabrur Bekasi setelah penerapan pola pendidikan pesantren di panti asuhan. Dan Untuk mengetahui bagaimana efektivitas dari Pola Pendidikan Pesantren dalam meningkatkan pembelajaran di Panti Asuhan Al-Mabrur Bekasi. Penelitian ini di laksanakan dari bulan September hingga bulan desember 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokmentasi. Dan untuk analisis datanya menggunakan triangulasi. Peneliti menggunakan 4 sampel untuk wawancara diantaranya kepala pengasuh dan ustad atau pengurus Panti Asuhan Al-Mabrur Bekasi dan 2 orang santri Panti Asuhan Al�Mabrur Bekasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola pendidikan pesantren efektif dalam meningkatkan kemampuan pembelajaran di Panti Asuhan Al-Mabrur Bekasi, Hal ini dapat dilihat dari ketekunan dan pemahaman para santri dalam proses pembelajaran sudah baik, melalui kegiatan pembiasaan salat berjamaah, pembelajaran tahfid qur’an, pembelajaran dua Bahasa yang diwajibkan dalam bahasa sehari-hari, melatih mental dengan muhadoroh, dan kegiatan belajar setiap malam yang rutin dilaksanakan serta adanya program kegiatan tambahan diluar jam belajar. Karena dalam pola ini santri dituntut untuk aktif dan kritis, juga menuntut ketekunan santri. Pola pendidikan pesantren ini memberikan para santri kesadaran dan pengertian tentang bagaimana menjalankan kehidupan dengan baik di lingkungan rumah atau di lingkungan masyarakat serta bagaimana menjunjung tinggi hal yang baik dan menjauhi hal buruk, karena dalam pola pendidikan pesantren yang telah dilaksanakan memberikan dampak terbentuknya kepribadian yang baik sesuai dengan syariat agama islam dan meningkatkan wawasan ke ilmuan dan keterampilan anak-anak santri.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pola Pendidikan Pesantren, Efektivitas Pembelajaran Bahasa |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 16 Nov 2022 03:20 |
Perubahan Terakhir: | 16 Nov 2022 03:20 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/10118 |
Actions (login required)
Lihat Item |