Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Produksi terhadap Laba Bersih dengan Volume Penjualan sebagai Variabel Intervening

Sofiullah, Ahmad (2022) Pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Produksi terhadap Laba Bersih dengan Volume Penjualan sebagai Variabel Intervening. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_171410214_COVER.pdf

Download (226kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_171410214_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_171410214_BAB I.pdf

Download (511kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_ES_171410214_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (904kB)
[img] Teks
S_ES_171410214_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (603kB)
[img] Teks
S_ES_171410214_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (984kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_171410214_BAB V.pdf

Download (331kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_ES_171410214_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilakukan pada PT. Unilever Tbk., untuk mengetahui pengaruh Biaya Promosi dan Biaya Produksi terhadap Laba Bersih perusahaan, dengan Volume Penjualan sebagai variabel intervening. Adapun metode analisis menggunakan uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji ketepatan model, dan analisis jalur path, dengan program IBM SPSS Statistik 25. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai Koefisien Determinasi = 0,986, menunjukkan bahwa variabel Biaya Promosi, Biaya Produksi dan Volume Penjualan dapat menjelaskan peningkatan Laba Bersih sebesar 98,6 %. Sedangkan sisanya 2,4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam analisis penelitian ini. Secara parsial, Biaya Promosi tidak terdapat pengaruh dan tidak signifikan terhadap Laba Bersih, dengan nilai t hit. = 0,064 < t tab. = 2,030 dan nilai sig. = 0,949 > dari probabilitas 0,05. Biaya produksi tidak terdapat pengaruh dan tidak signifikan terhadap Laba Bersih, dengan nilai t hit. = 0,371 < t tab. = 2,030 dan nilai sig. = 0,713 > dari probabilitas 0,05. Volume Penjualan tidak terdapat pengaruh dan tidak signifikan terhadap Laba Bersih nilai t hit. = 1,857 < t tab. = 2,030 dan nilai sig. = 0,072 > dari probabilitas 0,05. Sedangkan secara simultan, hasil f hit. = 878,336 > f tab. = 2,84, dengan nilai sig. = 0,000. Artinya terdapat pengaruh secara simultan antara variabel Biaya Promosi Biaya Produksi dan Volume Penjualan terhadap Laba Bersih. Hasil yang diperoleh menggunakan rumus Sobel Test nilai t hitung dari persamaan pertama (Sobel Test LN@X1) = 0,000 < t tab. = 2,030 (Sig. = 0,05), artinya t hitung lebih kecil dari t tabel. Dapat disimpulkan bahwa koefisien mediasi 0,128 tidak signifikan, artinya tidak terdapat pengaruh mediasi. Sedangkan t hitung dari persamaan kedua (Sobel Test LN@X2) = 0,240 < t tab = 2,030 (Sig. = 0,05), artinya t hitung lebih kecil dari t tabel. Maka, dapat disimpulkan bahwa koefisien mediasi 0,720 tidak signifikan, yang berarti juga tidak terdapat pengaruh mediasi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Biaya Promosi, Biaya Produksi, Volume Penjualan, Laba Bersih
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 06 Okt 2022 07:24
Perubahan Terakhir: 06 Okt 2022 07:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9934

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.