Pengaruh Faktor Religiusitas, Pendapatan, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Konsumen dalam Menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah (Studi pada Konsumen Perumahan Cluster Syariah Palima Grand City)

Sumitro, Sri Ajeng Febriani (2022) Pengaruh Faktor Religiusitas, Pendapatan, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Konsumen dalam Menggunakan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Syariah (Studi pada Konsumen Perumahan Cluster Syariah Palima Grand City). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410164_COVER.pdf

Download (99kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410164_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (553kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410164_BAB I.pdf

Download (360kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_EIS_181410164_ BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (632kB)
[img] Teks
S_EIS_181410164_ BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (394kB)
[img] Teks
S_EIS_181410164_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (855kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410164_BAB V.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_EIS_181410164_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Meningkatnya permintaan rumah yang tidak sebanding dengan ketersediaan bangunan, membuat dorongan bagi masyarakat untuk memiliki rumah. Namun tidak semua masyarakat mampu membeli hunian dengan cash, sebagian dari mereka memanfaatkan sistem pembiayaan KPR. Hal ini menjadi peluang bagi perkembangan bisnis properti, termasuk bagi Developer Palima Grand City yang menyediakan sistem KPR non-bank dengan harga jual lebih unggul dibanding bank. Dengan begitu konsumen dihadapkan pada banyaknya alternatif pilihan yang mempengaruhi keputusan pembelian. Dalam memutuskan pilihannya, konsumen dapat didasari oleh berbagai pertimbangan seperti religiusitas, pendapatan, dan kualitas layanan yang diberikan pihak perumahan serta berbagai hal lainnya. Berdasarkan uraian tersebut, tersusun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apakah faktor religiusitas berpengaruh terhadap keputusan konsumen? 2) Apakah faktor pendapatan berpengaruh terhadap keputusan konsumen? 3) Apakah faktor kualitas layanan berpengaruh terhadap keputusan konsumen? 4) Apakah faktor religiusitas, pendapatan, dan kualitas layanan berpengaruh terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan KPR Syariah pada Perumahan PGC? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah terdapat pengaruh religiusitas, pendapatan, dan kualitas layanan secara parsial dan simultan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan KPR Syariah pada Perumahan PGC. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner offline dan online, kemudian pengambilan sampel menggunakan insidental sampling pada 65 responden berdasarkan rumus Slovin. Data yang diperoleh kemudian diproses menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan secara parsial dan simultan dari faktor religiusitas, pendapatan dan kualitas layanan terhadap keputusan konsumen dalam menggunakan KPR pada Perumahan Cluster Syariah Palima Grand City. Pada hasil uji koefisien determinasi (R2 ) diperoleh 67,7% menyatakan bahwa ketiga faktor tersebut dapat mempengaruhi keputusan konsumen dan sisanya sebesar 32,3% lainnya dipengaruhi oleh faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Religiusitas, Pendapatan, Kualitas Layanan, Keputusan Konsumen
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Nov 2022 03:43
Perubahan Terakhir: 18 Nov 2022 03:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9824

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.