Jannah, Putri Raudatul (2022) Perbandingan Keberhasilan Belajar Kompetensi Khusus Pendidikan Agama Islam pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam yang Berlatar Belakang Sekolah Umum dan Madrasah Aliyah (Studi di Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SMH Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PAI_1640100376_COVER.pdf Download (26kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_1640100376_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (742kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_1640100376_BAB I.pdf Download (207kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_PAI_1640100376_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (505kB) |
||
Teks
T_PAI_1640100376_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (126kB) |
||
Teks
T_PAI_1640100376_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (311kB) |
||
|
Teks
T_PAI_1640100376_BAB V.pdf Download (157kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_1640100376_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (163kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pendidikan agama Islam merupakan jurusan yang mampu menampung mahasiswa yang beraneka ragam dan latar belakang yang berbeda dari mahasiswa itu sendiri, banyaknya mahasiswa yang memilih jurusan pendidikan agam Islam dari berbagai sekolah umum maupun madrasah aliyah tentu memiliki kemampuan yang berbeda. Masalah dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana keberhasilan belajar kompetensi khusus pendidikan agama Islam mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam yang berlatar belakang sekolah umum?; 2. Bagaimana keberhasilan belajar kompetensi khusus pendidikan agama Islam mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam yang berlatar belakang madrasah aliyah?; 3. Bagaimana perbandingan keberhasilan belajar kompetensi khusus pendidikan agama Islam mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam yang berlatar belakang sekolah umum dan madrasah aliyah? Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang keberhasilan belajar kompetensi khusus pendidikan agama Islam mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam yang berlatar belakang sekolah umum dan madrasah aliyah, mulai dari alasan memilih jurusan pendidikan agama Islam sampai menekuni mata kuliah di jurusan pendidikan agama Islam di fakultas tarbiyah dan keguruan UIN SMH Banten. Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah bersifat deskriptif komparatif dengan menggunakan teknik analisis SPSS, karena dianggap dapat mengamati secara langsung objek yang akan dijadikan penelitian dan berusaha memahami secara mendalam tentang objek yang diteliti. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peneliti memperoleh hasil berupa data yang menunjukkan : 1. Keberhasilan belajar kompetensi khusus pendidikan agama Islam mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam yang berlatar belakang sekolah umum lebih rendah dibanding mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam yang berlatar belakang madrasah aliyah; 2. Keberhasilan belajar kompetensi khusus pendidikan agama Islam mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam yang berlatar belakang madrasah aliyah lebih tinggi; 3. Perbandingan keberhasilan belajar kompetensi khusus pendidikan agama Islam mahasiswa jurusan pendidikan agama Islam yang berlatar belakang sekolah umum dan madrasah aliyah sangat penting untuk diketahui yang hasilnya terlihat dari indeks prestasi mahasiswa dan kuesioner yang diperoleh dari mahasiswa tersebut.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Keberhasilan Belajar Kompetensi Khusus Pendidikan Agama Islam, Mahasiswa Latar Belakang Sekolah Umum, Mahasiswa Latar Belakang Madrasah Aliyah |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 21 Nov 2022 02:23 |
Perubahan Terakhir: | 21 Nov 2022 02:23 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9636 |
Actions (login required)
Lihat Item |