UPAYA MENGATASI KECEMASAN LANSIA PADA MASA PRA MENOPAUSE (Studi Kasus Di Puskesmas Kragilan Kabupaten. Serang)

AFRIANINGSIH, MELA (2016) UPAYA MENGATASI KECEMASAN LANSIA PADA MASA PRA MENOPAUSE (Studi Kasus Di Puskesmas Kragilan Kabupaten. Serang). Diploma atau S1 thesis, IAIN SMH Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover.pdf

Download (21kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
bagian muka skripsi.pdf

Download (41kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB I.pdf

Download (67kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB II.pdf

Download (83kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB III.pdf

Download (39kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB IV.pdf

Download (24kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB V.pdf

Download (8kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA dan lampiran.pdf

Download (21kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Pra menopause merupakan suatu keadaan yang alamiah berlangsung secara psikologis dalam perjalanan hidup seorang perempuan yang ditandai dengan berhentinya menstruasi untuk selamanya. Pra menopause terjadi pada usia 45-55 tahun namun sebagian kecil masih mengalami haid hingga berumur 60 tahun. Perempuan yang mengalami masa pra menopause membutuhkan perhatian yang lebih, perempuan yang mengalami pra menopause akan mengalami gangguan fisik maupun psikologis yang akan menganggu aktivitas sehari-hari. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana kondisi lansia pada masa pra menopause di Puskesmas Kragilan?, 2) Bagaimana program layanan bimbingan dan konseling Puskesmas Kragilan dalam mengatasi kecemasan lansia pada masa pramenopause?, 3) Bagaimana bentuk upaya layanan bimbingan konseling Puskesmas dalam mengatasi kecemasan lansia pada masa pramenopause?. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mengetahui kondisi lansia pada masa pramenopause di Puskesmas Kragilan, 2. Mengetahui program layanan bimbingan dan konseling di Puskesmas Kragilan dalam mengatasi kecemasan lansia pada masa pramenopause, dan 3. Mengetahui upaya layanan bimbingan dan konseling Puskesmas Kragilan dalam mengatasi kecemasan lansia pada masa pramenopause. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya dengan cara wawancara secara mendalam dengan informan yang terkait. Informan dalam penelitian ini adalah 10 orang lansia yang ada di Puskesmas Kragilan, dan petugas yang ada di Puskesmas. Hasil yang peneliti dapatkan adalah bahwa lansia yang mengalami masa pra menopause akan menimbulkan rasa cemas, adanya perubahan pada siklus menstruasinya, sulitnya menahan amarah dan emosi, serta sulit untuk tidur secara nyaman, merasakan rasa panas pada badan dan wajah dan lain-lain. Untuk mengantisipasi lansia yang mengalami kecemasan pada masa pra menopause Puskesmas Kragilan mempunyai dua program unggulan yaitu posyandu lansia dan senam lansia, adapun upaya layanan lansia pada masa pra menopause di Puskesmas Kragilan untuk mengatasi kecemasn lansia dengan cara menjalankan posyandu lansia serta senam lansia sebagai upaya mengatasi kecemasan lansia pada masa pra menopause sesuai dengan SOP (Standar Operasional Pelaksanaan) yang berati bahwa perencanaan untuk melalukan suatu kegiatan . Kata kunci: Lansia, Kecemasan dan Pra menopause.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Psikologi, Kesehatan, Lansia,Pra menopause
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi
100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 155 Differential & psikologi perkembangan
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 02 Mar 2017 07:24
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2017 02:51
URI: http://repository.iainbanten.ac.id/id/eprint/96

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.