Sabillah, Fikri (2022) Peran Aksi Cepat Tanggap (ACT) dalam Pemberdayaan Pendidikan Melalui Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) (Studi Kasus Program Rumah Belajar Ceria (RBC) Kalideres Jakarta Barat). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PMI_181530003_Cover.pdf Download (15kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PMI_181530003_Lampiran Depan.pdf Download (696kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PMI_181530003_Bab I.pdf Download (494kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PMI_181530003_Bab II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
Teks
S_PMI_181530003_Bab III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (354kB) |
||
Teks
S_PMI_181530003_Bab IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (373kB) |
||
|
Teks
S_PMI_181530003_Bab V.pdf Download (188kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PMI_181530003_Daftar Pustaka.pdf Download (398kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Aksi Cepat Tanggap (ACT) adalah suatu Lembaga kemanusiaan professional global, yang melakukan aksi kemanusiaan serta membantu mensejahterakan masyarakat dan Lembaga tersebut mempunyai segi kerelawanan yaitu yang bernama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI). Dalam hal ini MRI mempunyai program pendidikan yang tentunya sangat membantu masyarakat dari segi pendidikan. Karenanya, MRI melalui program Rumah Belajar Ceria Kalideres mencoba membantu pemerintah dengan program pendidikan untuk memberdayakan masyarakat Kampung Bulak Teko Kelurahan Kalideres dengan program tersebut. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Peran ACT Jakarta Barat Melalui MRI Jakarta Barat dalam Melaksanakan Program Pemberdayaan Pendidikan Pada RBC ? 2) Bagaimana Tahapan Program Pemberdayaan Pendidikan Melalui RBC? 3) Apa Saja Faktor Pendukung dan Penghambat Pada Program Pemberdayaan Pendidikan Melalui RBC ? Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan 1) Menjelaskan Peran ACT Jakarta Barat Melalui MRI Jakarta Barat dalam Melaksanakan Program Pemberdayaan Pendidikan Pada RBC. 2) Menjelaskan Tahapan Program Pemberdayaan Pendidikan Melalui RBC. 3) Menjelaskan Faktor Pendukung dan Penghambat Pada Program Pemberdayaan Pendidikan Melalui RBC. Penelitian pada skripsi ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa adanya program tersebut maka keberhasilan yang didapat dari program pemberdayaan pendidikan pada RBC yang dijalankan oleh MRI sesuai dengan visi dari MRI yaitu mewujudkan peradaban dunia yang lebih baik dengan menjadi organisasi kerelawanan global profesional maka dari itu MRI mewujudkan visi tersebut dalam program pemberdayaan Pendidikan melalui RBC. Adapun tahapan dalam pemberdayaan pendidikan pada program RBC yaitu, memberikan sosialisasi kepada masyarakat, menyusun daftar kegiatan, mencegah tindakan atau hambatan yang memicu ketidakberhasilan program, memberikan pengarahan kepada guru dan wali murid, mengembangkan prosedur kemajuan program RBC. Adapun faktor pendukung dari program tersebut yaitu, adanya dukungan dari komunitas dan ormas, adanya dukungan dari mahasiswa, adanya dukungan dari masyarakat, adanya dukungan dari donator berupa finansial. Lalu faktor penghambat program tersebut yaitu, belum maksimalnya komitmen relawan untuk mengajar, kurangnya biaya operasional dalam program RBC, kurangnya SDM, anak-anak merasa bosan dengan sistem pembelajaran, fasilitas dan sarana prasarana yang kurang memadai.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Relawan, Pemberdayaan, Pendidikan, Masyarakat |
Subjek: | 2x6 Sosial Budaya Islam > 2x6.1 Masyarakat Islam |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Pengembangan Masyarakat Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 21 Nov 2022 03:23 |
Perubahan Terakhir: | 25 Mar 2024 07:11 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9586 |
Actions (login required)
Lihat Item |