Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV (Studi di Kelas IV SD Negeri Kopi Kecamatan Gunungsari Kabupaten Serang)

Sulastri, Eneng (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV (Studi di Kelas IV SD Negeri Kopi Kecamatan Gunungsari Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240135_COVER.pdf

Download (175kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240135_LAMPIRANDEPAN.pdf

Download (488kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240135_BAB I.pdf

Download (216kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240135_BAB II.pdf

Download (301kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240135_BAB III.pdf

Download (411kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240135_BAB IV.pdf

Download (302kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240135_BAB V.pdf

Download (10kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri Kopi. Hal tersebut dipengaruhi oleh ketidaksukaan siswa terhadap pembelajaran matematika serta penggunaan model pembelajaran yang masih belum kreatif dan inovatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di SD Negeri Kopi. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini quasi eksperimen desaign non-equivalent group, populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas IV di SD Negeri Kopi yang terdiri dari 2 rombel kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis berupa tes tertulis yaitu pilihan ganda, dan hasil menunjukkan bahwa dibuktikan dari hasil pre test post test kedua kelas dan dan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent�Sampel T-test (Uji-t). Pada kelas kontrol hasil skor rata-rata pre test yaitu 36,30 dan post test yaitu 58,45. Sedangkan pada kelas eksperimen hasil skor rata-rata pre test yaitu 33,53 dan post test yaitu 72,60. Berdasarkan hasil Post-Test pada kedua kelas yaitu sig 0,000 < α dengan α = 0,05, maka HI diterima, dengan kata lain terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together dengan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Berpikir Kritis, Matematika
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 15 Sep 2022 06:09
Perubahan Terakhir: 15 Sep 2022 06:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9362

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.