Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Subtema Tumbuhan Sahabatku dengan Pendekatan Budaya Lokal Banten untuk Menambah Pengetahuan Siswa (R&D di Kelas VI SD Negeri Karundang 1 Kota Serang)

Nursobah, Siti (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Subtema Tumbuhan Sahabatku dengan Pendekatan Budaya Lokal Banten untuk Menambah Pengetahuan Siswa (R&D di Kelas VI SD Negeri Karundang 1 Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240078_COVER.pdf

Download (47kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240078_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (342kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_171240078_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (234kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240078_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (291kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240078_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (457kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240078_BAB V.pdf

Download (96kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240078_BAB.pdf

Download (128kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240078_Daftar Pustaka.pdf

Download (143kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan, kelayakan, dan keefektifan modul pembelajaran tematik subtema tumbuhan sahabatku dengan pendekatan budaya lokal Banten untuk menambah pengetahuan siswa di kelas VI SD Negeri Karundang 1 Kota Serang yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan / R & D dengan menggunakan model 4D dari S. Thiagarajan. Pengembangan 4D memiliki 4 tahapan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media dengan menggunakan rubrik penilaian sebelum melakukan uji coba awal terhadap siswa. Berdasarkan penilaian ahli materi, bahwa produk sangat layak untuk uji coba lapangan dengan mendapat nilai 109 dengan persentase 87,2% (sangat layak) dan penilaian ahli media, bahwa produk sangat layak untuk uji coba lapangan dengan mendapat nilai 86 dengan persentase 86% (sangat layak). Hasil uji coba pengembangan mendapatkan jumlah rata-rata pengetahuan siswa 76,6 (efektif). Secara keseluruhan media Modul Pembelajaran Tematik Subtema Tumbuhan Sahabatku dengan Pendekatan Budaya Lokal Banten untuk Menambah Pengetahuan Siswa di kelas VI SD Negeri Karundang 1 Kota Serang, sangat layak dan efektif digunakan sebagai salah satu media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pengembangan Modul, Pembelajaran Tematik, Budaya Lokal Banten, Pengetahuan Siswa
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 21 Nov 2022 07:35
Perubahan Terakhir: 21 Nov 2022 07:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9345

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.