Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (PTK di Kelas IV SD Negeri Kopi Kabupaten Serang-Banten)

Sartika, Eti (2022) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (PTK di Kelas IV SD Negeri Kopi Kabupaten Serang-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240136_Cover.pdf

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240136_Lampiran Depan.pdf

Download (704kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240136_Bab I.pdf

Download (246kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_171240136_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (304kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240136_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (437kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240136_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (766kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240136_Bab V.pdf

Download (88kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240136_Daftar Pustaka.pdf

Download (298kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kepasifan siswa saat peroses pembelajaran, serta guru kurang tepat dalam menentukan model pembelajaran. Hal ini mengakibatkan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran matematika materi pecahan senilai. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan model PTK yang digunakan adalah model Kemmis & Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu observasi, perencanaan , tindakan dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase ketuntasan hasil tes berpikir kritis siswa pada siklus I yaitu 56% kemudian mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 89%, yang membuktikan peningkatan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I dan Siklus II sebesar 33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Pembelajaran Problem Based Learning , Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 11 Apr 2023 06:29
Perubahan Terakhir: 11 Apr 2023 06:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9248

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.