Ardiansah, Muhammad Iqbal (2022) Kemahiran Teknologi Terhadap Kualitas Pembelajaran Guru Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Di SD Islam Al Muhajir. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_181250069_COVER.pdf Download (75kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250069_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (929kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_181250069_BAB I1.pdf Download (99kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_181250069_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (192kB) |
||
Teks
S_MPI_181250069_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (167kB) |
||
Teks
S_MPI_181250069_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (203kB) |
||
|
Teks
S_MPI_181250069_BAB V.pdf Download (51kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui kemahiran teknologi terhadap kualitas pembelajaran guru pada masa pandemi di SD Islam Al-Muhajir, (2) mengetahui kualitas pembelajaran guru dalam penggunaan teknologi pada proses belajar mengajar dalam pembelajaran daring di SD Islam Al-Muhajir, (3) menganalisis sejauh mana pengaruh kemahiran teknologi terhadap kualitas pembelajaran guru di SD Islam Al Muhajir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Instrumen penelitian menggunakan angket. Sampel berjumlah 30 responden diambil dari populasi dengan teknik Non Probability Sampling dengan teknik Incidental Sampling. Angket kemahiran teknologi adalah dimensi bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati. Sedangkan angket kualitas pembelajaran guru adalah harapan, kinerja, perbandingan, pengalaman, konfirmasi/diskonfirmasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif inferensial, analisis deskriptif meliputi menghitung tabel frekuensi, mean, modus, median, varians, simpangan baku, histogram, dan poligon. Sedangkan analisis inferensial menggunakan analisis regresi dan korelasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi dan korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah Dewan Guru SD Islam Al Muhajir berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, kemahiran teknologi secara rata-rata pada taraf baik mencapai 87%, Kedua, kualitas pembelajaran guru berada pada taraf baik mencapai 82%, Ketiga, korelasi antara kemahiran teknologi dengan kualitas pembelajaran guru ditunjukkan dari hasil analisis dari korelasi antara variabel X dan variabel Y bertanda positif yaitu dari perhitungan dinyatakan rhitung lebih besar dari rtabel 0.428 > 0.374. Karena rhitung lebih besar dari rtabel dengan demikian hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Pengaruh kemahiran teknologi terhadap kualitas pembelajaran guru sebesar 15%. sisanya sebesar 85% dipegaruhi oleh faktor-faktor lain yang perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kemahiran Teknologi, Kualitas Pembelajaran Guru |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | Diah Sadjidin |
Tanggal Disetorkan: | 06 Sep 2022 07:48 |
Perubahan Terakhir: | 07 Sep 2022 06:56 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9197 |
Actions (login required)
Lihat Item |