Pola Komunikasi Antar Pribadi Anak Berkebutuhan Khusus dalam Berinteraksi di Era Pandemi Covid-19 (Studi di Yayasan Anugerah Kota Cilegon)

Maula, Lia Hikmatul Maula (2022) Pola Komunikasi Antar Pribadi Anak Berkebutuhan Khusus dalam Berinteraksi di Era Pandemi Covid-19 (Studi di Yayasan Anugerah Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510155_Cover.pdf

Download (106kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510155_Lampiran Depan.pdf

Download (650kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510155_BAB I.pdf

Download (314kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510155_BAB II.pdf

Download (356kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510155_BAB III.pdf

Download (232kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510155_BAB IV.pdf

Download (351kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510155_BAB V.pdf

Download (154kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_KPI_181510155_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (269kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Komunikasi merupakan bagianl terpenting dalaml tatanan kehidupanl bermasyarakat, denganl adanya komunikasil seseorang dapatl menyampaikanl maksud danl tujuan lmasing-masing. Banyak yang menganggap bahwa berkomunikasi mudah untuk dilakukan meskipun tanpa harus belajar tentang teori ilmu komunikasi. Namun, seseorang akan menyadari pentingnya memahami bahwa komunikasi akan sulit jika terjadil gangguan komunikasil (noise), baik noisel pada lkomunikator, mediuml ataupun komunikasinyal itu sendiri. Hal tersebutl dapat mengakibatkanl ketidakefisienan dalaml proses lkomunikasi. Terhambat nya proses komunikasi sering kali ditemukan pada interaksi komunikasi yang melibatkan anak�anak berkebutuhan khusus terlebih pada era pandemi covid-19 saat ini, dimana komunikasi secara langsung tidak dapat dilakukan. Dengan hal demikian, guru dan juga orang di sekitar harus menentukan komunikasi yang tepat agar bisa berinteraksi baik secara verbal maupun non verbal. Komunikasi antar pribadi dianggap di anggap signifikan karena prosesnya berlangsung secara dialogis. Berdasarkanl latar belakang ldiatas, maka rumusanl masalah dalam penelitianl ini adalah Bagaimana Pola Pertukaran Simbolik Anak Berkebutuhan Khusus dalam berinteraksi di era pandemi covid-19 di Yayasan Anugerah Kota Cilegon? Tujuan dari penelitian ini yaitu : Mengetahui pola pertukaran simbolik anak berkebutuhan khusus dalam berinteraksi di era pandemi covid-19 di Yayasan Anugerah Kota Cilegon. Metodel yang digunakan dalaml penelitian ini adalah metode kualitatifl deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Adapun hasil penelitian yang penulis lakukan yaitu: 1) Pola pertukaran simbolik yang terjadi di Yayasan Anugerah Kota Cilegon dalam berinteraksi di era pandemi covid-19 yaitu melaksanakan kegiatan berdo’a sebelum dan sesudah belajar dengan bahasa atau isyarat. Dalam proses pertukaran simbolik juga dilakukan dengan kegiatan makan siang. Sebelum melakukan semua proses aktivitas tentunya pihak yayasan tetapl menerapkan protokoll kesehatan sepertil mencuci tanganl dan menggunakanl masker. Pola interaksi anak berkebutuhan khusus dalam berinteraksi di era pandemi covid-19 yaitu pola interaksi antara individu dengan individu baik secara langsung atau daring. Interaksi yang terjalin yaitu interaksi satu arah. Pola ini diterapkan agar guru bisa memaksimalkan target yang dituju, meskipun pola interaksi ini membutuhkan waktu yang lama karena harus satu persatu, namun pola interaksi antara individu dengan individu lebih maksimal hasilnya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Komunikasi Antar Pribadi, Interaksi Simbolik, Pandemi Covid-19
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: Diah Sadjidin
Tanggal Disetorkan: 18 Jul 2022 06:55
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 06:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/9107

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.